Heboh Cucu Mantan Rabi Agung Yahudi Israel Nikahi Gay

Ilustrasi komunitas ultra ortodoks Israel di Magen, Israel
Sumber :
  • REUTERS/Amir Cohen

VIVA – Pernikahan sesama jenis yang dilakukan oleh cucu mantan petinggi agama atau Rabi Agung Yahudi di Israel, Ovadia Yosef yang terkenal dan sangat dihormati menimbulkan kehebohan. Ovadia Cohen, cucu Ovadia Yosef disebutkan melangsungkan pernikahan dalam sebuah pernikahan yang juga dipimpin oleh pemuka agama perempuan yang diketahui sebagai aktivis sesama jenis yang mengklaim diri religius.

Di Balik Hancurnya Hiroshima dan Nagasaki, Ini 5 Fakta 'Bapak Bom Atom' Robert Oppenheimer

Dikutip dari laman Haaretz, Ovadia Yosef merupakan mantan pemimpin komunitas agama Sephardic yang paling dihormati. Yosef juga dikenal sangat mendukung adanya perdamaian antara Israel dengan negara-negara Arab di sekitarnya.

Ovadia Cohen menikah dengan pasangannya yang merupakan seorang gay bernama Amichai Landsman sebagaimana dilaporkan Ynet pada Kamis lalu.

Begini Kisah Seorang Pria Yahudi Masuk Islam Gegara Gamelan Indonesia

Cohen diketahui sangat dekat dengan kakeknya. Bahkan setelah orangtuanya bercerai, dia diasuh oleh Ovadia Yosef. Cohen pernah menikah dengan perempuan dan memiliki dua orang anak. Namun setelah bercerai, disebutkan dia menjadi gay dan kemudian bertemu dengan Amichai hingga mereka memutuskan tinggal bersama.

Mengenai pernikahan ini, keluarga Cohen disebut sangat tertutup dan Cohen juga disebutkan hanya memberitahukan segelintir keluarganya. Sementara Amichai Landsman mengatakan bahwa keluarganya sudah menerima Cohen sekalipun mereka juga adalah keluarga yang religius.

Seruan Menteri Israel Provokasi Umat Islam, Serbu Masjid Al-Aqsha di 10 Hari Terakhir Ramadhan!

Diketahui bahwa UU Perkawinan Israel tak mengenal adanya pernikahan sesama jenis. Bahkan pernikahan dalam agama Yahudi harus dipimpin oleh seorang ulama. Namun pernikahan Cohen dan Landsman tidak mengikuti tata cara tersebut. Namun sekalipun di Israel pernikahan sesama jenis tak dibolehkan namun negara itu menerima pendaftaran legal pasangan untuk hidup dan tinggal bersama.
 

Ilustrasi kelompok LGBT

RUU Sah, Thailand Akan Jadi Negara ASEAN Pertama yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Negara tetangga Indonesia, Thailand akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mengakui pernikahan sesama jenis, setelah para politisi meloloskan RUU pernikahan sesam

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024