Logo BBC

Gunung Kilauea Muntahkan Lava, 23 Orang Luka-luka di Hawaii

Lava Gunung Kilauea di Hawaii - Reuters
Lava Gunung Kilauea di Hawaii - Reuters
Sumber :
  • bbc

Gunung berapi Kilauea memuntahkan lava hingga mengenai atap sebuah kapal wisata di Hawaii dan mengakibatkan 23 orang luka-luka.

Seorang penumpang kapal tersebut mengalami patah tulang pada bagian kaki saat mencoba menyelamatkan diri dari muntahan batu dan puing tersebut.

Wisatawan yang terluka kini sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Kapal itu tengah membawa para wisatawan untuk melihat Gunung Kilauea yang pada Mei lalu mengalami erupsi dan sejak itu terus mengeluarkan gas dan lelehan batu.

Beberapa wisatawan penumpang kapal mengatakan kepada pihak Departemen Tanah dan Sumber Daya Alam Hawaii bahwa kapal yang mereka tumpangi tersebut berada di luar zona aman yang telah ditetapkan oleh penjaga pantai.

Para pejabat telah memperingatkan tentang bahaya asap beracun dari gunung berapi, yang tercipta melalui proses kimia saat lelehan batu menghantam lautan dan membentuk awan mengandung asam klorida dan partikel kaca.

Kilauea adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia, dan letusannya telah menghancurkan ratusan rumah serta memaksa ribuan orang mengungsi.