Logo ABC

Turki Tolak Ekstradisi Teroris IS Neil Prakash ke Australia

Neil Prakash dituduh berusaha merekrut warga Australia untuk bergabung dengan kelompok teror IS.
Neil Prakash dituduh berusaha merekrut warga Australia untuk bergabung dengan kelompok teror IS.
Sumber :
  • abc

Pengadilan Turki telah menolak permintaan Australia untuk mengekstradisi teroris IS yang berasal dari Australia Neil Prakash.

Dengan keputusan yang disebut mengejutkan terseut, Prakash berkemungkinan dibebaskan dari penjara, kecuali Turki memutuskan untuk mengadilinya di negara tersebut.

Hakim membuat keputusan tersebut di Pengadilan Kriminal Kilis di Turki Selatan, dua bulan setelah Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan dia memperkirakan Neil Prakash yang kelahiran Melbourne tersebut akan diekstradisi ke Australia dalam "bilangan bulan."

Prakash sejauh ini ditahan di penjara dengan pengamanan terketat di Gaziantep, di Turki Selatan, sejak dia ditangkap bulan Oktober 2016 ketika hendak melintas masuk diam-diam ke Suriah.

Menurut pejabat kontra terorisme senior Australia, Prakash adalah tokoh penting yang memberikan inspirasi dan menganjurkan serangan teror di Australia, dan sudah dituduh oleh Biro Penyelidik Federal (FBI) Amerika Serikat) sebagai orang yang terlibat dalam usaha menyerang Patung Liberty di New York yang gagal dilakukan.

Dalam sidang di Kilis hari Kamis (19/7/2018), pihak penuntut meminta agar Prakash diekstradisi ke Australia.

Ketika diminta memberikan tanggapan oleh pengadilan, Prakash mengeluarkan pernyataan menyerang hakim dalam bahasa campuran antara Inggris, Arab dan Turki.