Ke Indonesia, PM Australia akan Deklarasi Penyelesaian IA-CEPA

PM Australia Scott Morrison
Sumber :
  • REUTERS/David Gray/File Photo

VIVA – Perdana Menteri Australia Scott Morrison akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada hari Jumat, 31 Agustus 2018. Kunjungan Morrison ke Indonesia fokus untuk meningkatkan kerja sama kedua negara khususnya dalam bidang ekonomi.

PM Australia Menahan Tangis soal Kasus Pemerkosaan Staf Parlemen

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI, Edi Yusup mengatakan, pada kunjungan PM Australia kali ini bakal ada deklarasi mengenai penyelesaian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement atau IA-CEPA.

"Mudah-mudahan akan ada deklarasi mengenai penyelesaian perundingan IA-CEPA atau perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia-Australia sehingga bisa diumumkan," kata Edi di Jakarta, Rabu 29 Agustus 2018.

Cicit PM Australia Pertama Setuju Patung Kakek Moyangnya Ditumbangkan

Meski sempat tertunda, namun kesepakatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kedua negara. Indonesia berharap IA-CEPA dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sangat terbuka dalam hal kerja sama ekonomi dan perdagangan. 

Selain itu, Indonesia dan Australia juga sepakat untuk meningkatkan hubungan kemitraan dari kemitraan komprehensif menjadi comprehensive strategic partnership.

China Dituding Dalang Penghancuran Situs-situs Penting Australia

PM Morrison akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Jumat sore. Selain bertemu Presiden, PM Morrison juga akan menghadiri pertemuan forum bisnis keesokan harinya di Jakarta.

Presiden AS Joe Biden

Gagah Umumkan Aliansi dengan Inggris-Australia, Joe Biden Lupa Nama PM

Momen canggung tak menyebut nama PM Australia Scott Morrison diduga kuat karena lupa kemudian jadi sorotan media massa. Pidato Joe Biden soal AUKUS yang dibentuknya.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2021