Sabotase Pesawat Northwest Airlines

Tersangka Teroris Dipindahkan ke Penjara

VIVAnews - Seorang warga negara Nigeria yang gagal meledakkan pesawat Northwest Airlines di Detroit, Amerika Serikat (AS), akhirnya dipindahkan dari Rumah Sakit Universitas Michigan ke sebuah penjara.

Umar Farouk Abdulmutallab, 23 tahun, mengaku mencoba meledakkan pesawat Northwest penerbangan 253 menjelang mendarat di Detroit, Jumat 25 Desember. Namun aksi ini berhasil dicegah beberapa orang penumpang.

Setelah ditangkap kepolisian dan Biro Penyelidik Federal (FBI) Umar dirawat di rumah sakit karena menderita luka bakar. Pada hari yang sama, hakim Federal di negara bagian Michigan memerintahkan penahanan atas Abdulmutallab.

Presiden Barack Obama memerintahkan laporan lengkap mengenai keamanan bandara dan daftar intai (watch list) teroris AS. Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan bagaimana cara seseorang yang membawa bahan peledak bisa terbang ke luar negeri.

"Kita harus melakukan pemeriksaan ulang kemampuan deteksi udara kita," katanya seperti diungkap stasiun televisi ABC Online dan kantor berita Associated Press.

Gibss menambahkan, Presiden AS telah memerintahkan Departemen Keamanan mengecek bagaimana orang berbahaya dapat masuk ke sebuah pesawat di Amsterdam.

Sementara itu, Pemerintah Nigeria memerintahkan sebuah investigasi atas insiden itu. Menteri Informasi Nigeria, Dora Akunyili, menyatakan Abdulmutallab memasuki Nigeria secara ilegal sebelum terbang ke Amsterdam, Belanda.

"Satuan Kemanan Nigeria bekerjasama dengan Agen keamanan internasional mengatasi kasus ini," katanya. Menurut Akunyili, Abdulmutallab sempat masuk ke Nigeria secara diam-diam dan tinggal di luar kota. "Dia masuk ke Nigeria pada 24 Desember 2009 dan pergi pada hari yang sama," ungkap Akunyili.

"Ayahnya, Alhaji Umar Mutallab,telah melaporkan kekhawatiran mengenai aktivitas anaknya kepada pemerintah Amerika di Nigeria," lanjut Akunyili.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024