Ini Dia Cara Cepat Mengurangi Emisi Pesawat

VIVAnews - Tidak hanya emisi kendaraan di darat saja yang kini menjadi perhatian peneliti. Emisi pesawat pun jadi perhatian. Mereka mencari cara mengurangi emisi pesawat terbang dengan cepat.

Cara tercepat untuk mengurangi emisi pesawat terbang adalah dengan mengelola penerbangan agar menjadi lebih baik, bukan dengan menerapkan berbagai teknologi baru.

Studi dari Oxford University menemukan bahwa mengontrol lalu lintas udara dan cara lain untuk menentukan bagaimana, kapan, dan ke mana pesawat akan terbang, bisa mengurangi emisi penerbangan hingga 95 persen.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, cara-cara tersebut termasuk antara lain membuka lebih banyak jalur penerbangan langsung ke bandara tujuan dan tidak menunggu terlalu lama untuk mendarat. "Cara-cara itu lebih 'membumi' daripada meningkatkan teknologi dan pemakaian bahan bakar bio," kata pakar penerbangan dari Oxford University, Dr Chris Carey.

"Cara-cara itu juga bisa dijadikan syarat oleh pemerintah bagi bagi maskapai penerbangan yang ingin menggunakan wilayah udara mereka," kata Dr Carey dari Smith School of Enterprise and the Environment Oxford University.

Sistem kontrol lalu lintas bisa membantu pesawat mengurangi waktu yang dihabiskan mesin pesawat untuk bekerja saat masih berada di landasan. Di saat yang sama, sistem pengendali penerbangan bisa membantu mengurangi waktu terbang pesawat.

"Ketidakakuratan sistem pengendali saat ini membuat pesawat harus diberi waktu leluasa untuk menghindari tabrakan," kata Dr Carey. "Kalau sistem ditingkatkan, pendaratan dan lepas landas pesawat bisa lebih cepat. Pengenalan perbaikan sistem juga hanya butuh biaya sedikit," lanjutnya.

Sebaliknya, teknologi maju seperti mesin yang lebih mutakhir atau dengan berat yang dikurangi cenderung perlu waktu panjang sebelum upaya semacam itu menunjukkan hasilnya karena jangka hidup pesawat udara adalah 30 tahun atau lebih, atau mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar bio. "Namun cara-cara itu tidak ada yang bisa diperkenalkan dengan cepat," kata Dr Carey.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!
TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024