Menu Baru Wakil Rakyat : Daging Anjing Laut

VIVAnews - Restoran di Gedung Parlemen Kanada di Ibukota Ottawa mulai pekan ini menghadirkan menu yang tidak biasa, yaitu daging anjing laut. Sajian ini merupakan dukungan atas kampanye menentang larangan impor daging anjing laut yang diberlakukan Uni Eropa.

Demikian ungkap seorang senator di Kanada, Senin 8 Maret 2010. Daging anjing laut mulai disajikan di restoran gedung parlemen pada jam istirahat makan siang Rabu esok, 10 Maret 2010.

Menurut anggota parlemen dari Partai Liberal, Senator Celine Hervieux-Payette, menu baru ini merupakan upaya dukungan bagi para pemburu anjing laut di Kanada , yang merasa dirugikan oleh keputusan Uni Eropa.

"Semua partai politik harus berkesempatan untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Parlemen Kanada mendukung mereka yang mencari nafkah dengan berburu anjing laut," demikian pernyataan tertulis Hervieux-Payette.

Pada Juli tahun lalu, negara-negara anggota Uni Eropa sepakat melarang impor anjing laut, baik berupa daging, kulit maupun lemak. Alasannya, perburuan anjing laut, seperti yang dilakukan di Kanada, sudah tergolong perbuatan tak beradab.

Setiap tahun, Kanada menyelenggarakan perburuan anjing laut di Pesisir Timur. Dalam perburuan yang berlangsung dari pertengahan November hingga medio Mei, sebanyak 275.000 ekor anjing laut tewas akibat serbuan para pemburu.

Mereka tewas dengan cara ditembak atau dipukul di bagian kepala dengan sebuah pentungan khusus bernama hakapik. Sejalan dengan seruan para pegiat pecinta binatang, Uni Eropa menilai perburuan semacam itu adalah tindakan kejam dan kurang memberi keuntungan ekonomi.

Sebaliknya, para pemburu dan pihak berwenang di Kanada menilai perburuan anjing laut sah-sah saja, masih beradab, serta memberi pendapatan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil.

Selain menyediakan menu daging anjing laut, Kanada kini mengajukan perundingan dengan Uni Eropa di markas Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Swiss agar larangan impor dicabut. Sebelum pemberlakuan larangan, ekspor anjing laut ke Uni Eropa tahun lalu mendatangkan pendapatan bagi Kanada senilai US$9,7 juta. (Associated Press)

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Balapan MotoGP Spanyol akan kembali bergulir pada akhir pekan ini, sejak Jumat 26 April 2024. Para pembalap akan bertanding di sirkuit Jerez pada seri keempat musim ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024