Israel Batasi Akses Al-Aqsa

VIVAnews - Pasukan Isreal Senin ini, 29 Maret 2010, mulai membatasi akses masuk ke kawasan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur menjelang hari libur Paskah Yahudi akhir pekan ini. Israel juga menutup Tepi Barat selama perayaan Paskah Yahudi yang kebetulan bertepatan dengan perayaan Paskah umat Kristiani pada akhir pekan.

Pembatasan akses dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi kekerasan dalam momen Paskah Yahudi di kawasan yang diduduki Israel tersebut. Laki-laki muslim berusia di bawah 50 tahun, dan juga umat beragama selain Yahudi, dilarang memasuki kawasan Masjid Al-Aqsa.

Seperti diberitakan kantor berita Ma'an, larangan ini diberlakukan menyusul penangkapan sebelas warga Palestina di kota Bethlehem di Tepi Barat saat perayaan Minggu Palma oleh umat Kristiani kemarin. Kesebelas warga Palestina itu memprotes kebijakan yang melarang umat Kristiani melakukan ritus agama di Yerusalem dalam rangka Minggu Palma.

Karena itu, puluhan pemrotes yang kemudian didukung oleh para aktivis perdamaian internasional dan pendukung kelompok muslim, turun ke jalan setelah umat Kristiani selesai mengikuti misa Minggu Palma di Nativity Church.

Israel biasanya memperketat akses masuk bagi warga Tepi Barat selama hari libur Yahudi. Dalam beberapa bulan belakangan, kewaspadaan Israel makin meningkat karena selalu terjadi pertikaian saat peringatan hari besar agama di sekitar dan di dalam kawasan Masjid Al-Aqsa.

Pada September tahun lalu, dan juga awal bulan ini, puluhan orang terluka akibat aksi kekerasan menyusul rumor bahwa ekstrimis Yahudi bermaksud melakukan kegiatan ibadah di dalam lokasi masjid.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional
Mobil SIM Keliling

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Polda Metro Jaya pada hari ini, Sabtu 27 April 2024 menyediakan lima mobil SIM Keliling yang bisa dimanfaatkan oleh warga DKI Jakarta untuk memperpanjang masa berlaku SIM

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024