Oposisi Kudeta Pemerintahan Kyrgyzstan

Demonstran melempari batu saat bentrok dengan polisi anti huru-hara di Athena
Sumber :
  • (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

VIVAnews - Kelompok oposisi Kyrgyzstan berhasil merebut markas besar keamanan dan gedung pemerintah lain di ibukota Bishkek, Kyrgyzstan, Kamis 8 April 2010, menyusul bentrok antara pengunjuk rasa dan pasukan kemanan yang menyebabkan 68 orang tewas di berbagai wilayah negara Asia Tengah tersebut.

Tidak seorangpun petugas kepolisian yang berjaga di markas besar pemerintah tersebut. Ratusan warga berdiri di luar bangunan, sedangkan yang lain melenggang bebas keluar masuk bangunan yang dikenal bernama Gedung Putih tersebut.

Bekas bentrokan Rabu kemarin bisa dilihat di setiap sudut ibukota Bishkek, dan Kementerian Kesehatan mengatakan jumlah korban tewas mencapai 68 orang dan 400 orang masih dirawat di rumah sakit.

Presiden Kurmanbek Bakiyev disebut telah meninggalkan Bishkek dan kini berada di Osh, kota di bagian selatan. Masih sulit memperkirakan berapa besar wilayah di negara pegunungan miskin ini yang berhasil direbut oleh kelompok oposisi.

Rosa Otunbayeva, seorang mantan menteri luar negeri yang menjadi pemimpin kelompok oposisi, mengklaim dirinya sendiri sebagai pemimpin pemerintahan interim. Dia akan berpidato di hadapan parlemen pada Kamis pagi waktu setempat.

Penjarahan dan perampokan terjadi di kota Bishkek setelah terjadi bentrok. Hampir semua bangunan pemerintah didatangi demonstran. Beberapa bangunan dibakar atau dilempari. Kantor dagang China dibakar pada Kamis pagi tadi.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024