Salim Said Kunjungi Markas TNI di Lebanon

VIVAnews - Duta Besar RI berkuasa penuh untuk Republik Ceko, Salim Said, mengunjungi pasukan TNI di Lebanon yang tergabung dalam Kontingen Garuda. Salim Said yang didampingi Duta Besar RI untuk Beirut, Bagas Hapsara, disambut Komandan Satuan Tugas Kontingen Garuda XXIII-C?Unifil Letnan Kolonel Inf R Haryono.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVAnews dari Perwira Penerangan Satuan Tugas Kontingen Garuda XXIII-C/UNIFIL, Letkol Arh Hari Mulyanto, Selasa, 16 Desember 2008, kunjungan dua Duta Besar itu berlangsung di Markas Indonesia Battalion atau Indobatt, Lebanon.

Rombongan disambut juga disambut Wakil Komandan Sektor Timur Unifil Kolonel Inf Bambang Sudiono dan Komandan Kontingen Garuda XXV-A (Indonesian Miiltary Police Company), Letkol CPM Ujang Martenis. Salim Said juga menyempatkan diri memberikan ceramah kepada perwira TNI. Salim bercerita tentang pengalamannya waktu mengunjungi Batalion Garuda di Sinai tahun 1978.

"Saya sudah kunjungi Batalion Garuda di Sinai tahun 1978," ujar Salim Said. Salim yang dikenal sebagai mantan jurnalis, pengamat militer, serta dosen dari berbagai universitas ini merasa terharu saat memberikan ceramah kepada para perwira Indobatt.

"Saya terharu dan bangga bahwa kalian dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan tentara dari negara lain, itu luar biasa dan ini adalah kualitas prestasi anda," kata Salim.

Lebih lanjut, pengamat militer yang sudah hampir dua tahun tidak pernah lagi tampil di televisi itu mengatakan, kontingen garuda sudah sejak lama disenangi orang di mana-mana dan itu sudah terjadi sejak tahun 50-an. "Karena sebenarnya kita adalah kumpulan orang-orang baik. Selalu membantu orang dan selalu berpikir baik untuk orang," ujar Salim.

Di sela-sela ceramahnya, Salim Said juga berpesan bahwa perwira harus banyak menulis, "Tuangkan pengalaman anda dalam tulisan," tutur dia. Sebelum kembali ke Beirut, rombongan Duta Besar menyempatkan diri mengunjungi personel kontingen garuda yang bermarkas di UN POSN 8-33 Markabe, untuk melihat makam yang di bagi dua oleh Israel dan Lebanon.

Makam yang terkenal dengan sebutan Syekh Abbad Tomb ini adalah merupakan salah satu tujuan wisata dari turis lokal dan mancanegara yang sering menambah kesibukan angota kontingen garuda, karena setiap ada tamu yang berkunjung harus mendapat pengawalan dari anggota Satgas.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Nurul Ghufron Bakal Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan

ewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya akan menggelar sidang dugaan pelanggaran etik Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada 2 Mei 202 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024