RI-Meksiko Berkomitmen Sikapi Perubahan Iklim

Jumpa pers Menlu Marty Natalegawa dengan Menlu Meksiko di Jakarta
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVAnews - Indonesia dan Meksiko sama-sama bertekad untuk mengupayakan komitmen internasional yang serius dalam menghadapi isu perubahan iklim. Apalagi, setelah Indonesia, giliran Meksiko yang akan menjadi tuan rumah konferensi PBB soal perubahan iklim, yang kian menjadi ancaman nyata bagi warga di Bumi.

Demikian hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa dengan tamunya dari Meksiko, Menlu Patricia Espinosa. Kedua pejabat membahas persiapan Meksiko sebagai tuan rumah konferensi mengenai perubahan iklim, Conference of Parties (COP) ke-16 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCC). Pertemuan akan digelar di Cancun, Meksiko, akhir 2010.

Menurut Natalegawa, Meksiko ingin belajar dari pengalaman Indonesia saat menjadi tuan rumah COP ke-13 di Bali, Desember 2007, sekaligus dalam menindaklanjuti hasil pertemuan itu.

"Meksiko menyadari bahwa Indonesia selaku tuan rumah COP 13 memiliki pengalaman pada konferensi di Bali. Kami bertukar pandangan bagaimana bisa membantu Meksiko memastikan keberhasilan konferensi di Cancun," kata Natalegawa dalam jumpa pers bersama Espinosa di Jakarta, Kamis 8 Juli 2010.
 
"Salah satu pemikiran yang tadi menonjol adalah bagaimana kita mengelola harapan agar jangan tercipta harapan yang terlalu berlebihan dan dalam kaitan ini kami kira baik Meksiko maupun Indonesia berketetapan untuk bekerja sama dengan erat," lanjut Natalegawa.

Sedangkan Espinosa mengatakan bahwa Meksiko menyadari peran utama Indonesia dalam penyelenggaraan konferensi. "Kami dengarkan pengalaman dan kapasitas Indonesia sebagai tuan rumah konferensi ke-13. Kami minta dukungan Indonesia sebagai ketua konferensi berikutnya," kata Espinosa.

Aspek logistik dan substansi juga dibahas dalam pertemuan bilateral itu agar konferensi di Cancun berjalan maksimal sebagai refleksi komitmen global dalam mengatasi ancaman perubahan iklim.

Selain itu, kedua Menlu membahas pentingnya membangun kembali rasa saling percaya di antara negara-negara anggota PBB sehingga pertemuan Cancun akan dapat berjalan optimal.

Indonesia sendiri memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk dapat memastikan adanya kesepakatan global di Cancun. Sebagai pemegang mandat Bali Action Plan yang telah dihasilan dalan pertemuan COP ke-13 di Bali, Desember 2007, Indonesia senantiasa mendorong seluruh pihak untuk memiliki komitmen yang sama untuk mensukseskan pertemuan Cancun,

Kedua menteri juga membahas kerjasama bilateral di bidang pendidikan dan investasi. 

Selama bertandang ke Indonesia, Espinosa juga bertemu dengan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) dan Menteri Perindustrian serta para pengusaha nasional.

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba
Bakal capres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama ketum PKB Cak Imin di Jombang.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto menanggapi rencana pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketum PKB yang juga cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024