Jet Presiden Sudah Dibeli, Pilot Belum Ada

Pesawar Dassault Falcon dalam pameran dirgantara Paris Air Show
Sumber :
  • www.parisairshow.eu

VIVAnews - Presiden Bolivia, Evo Morales, harus bersabar agar bisa menumpang pesawat dinas baru. Pasalnya, pemerintah Bolivia masih belum menemukan pilot yang layak untuk menerbangkan pesawat dinas kepresidenan itu.

Pemerintah negara Amerika Latin itu awal bulan ini membeli pesawat jet pribadi buatan Prancis, Dassault Falcon 900. Seharga US$38,7 juta (sekitar Rp350,3 miliar), pesawat itu akan digunakan untuk perjalanan dinas presiden Bolivia, yang saat ini dijabat Morales.

Pesawat itu tiba di Bolivia pada 3 Juli lalu dan sudah diterbangkan oleh sejumlah perwira Angkatan Udara Bolivia. Masalahnya, belum ada satu pun diantara mereka yang layak untuk menerbangkan Falcon 900 secara rutin dengan mengangkut presiden.

Menteri Urusan Kepresidenan, Oscar Coca, mengungkapkan bahwa pilot Falcon 900 harus memiliki pengalaman terbang minimal selama 100 jam. Itu merupakan persyaratan asuransi pesawat seperti yang diatur oleh Dassault. Sedangkan para pilot Angkatan Udara Bolivia belum ada yang berpengalaman menerbangkan Falcon 900 selama itu.

Belum jelas apakah pemerintah terpaksa melakukan program khusus untuk membuat sejumlah pilot lokal giat berlatih dengan pesawat baru itu atau untuk sementara waktu menyewa pilot asing.

Pesawat itu tadinya sempat dipesan oleh klub sepakbola terkenal asal Inggris, Manchester United (MU), namun batal. Bolivia akhirnya menggantikan posisi MU sebagai pembeli. (Associated Press)

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024