Lima Situs Lagi Masuk Daftar Warisan Dunia

Candi Borobudur
Sumber :
  • www.deplujunior.org

VIVAnews - Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Dunia (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO) memasukkan lima situs sebagai Warisan Budaya Dunia. Salah satunya Benteng Thang Long-Hanoi di Vietnam.

Benteng ini dibangun di abad 11 saat Dinasti Viet. Benteng itu masuk nomor 900 dalam daftar Warisan Budaya Dunia. Ditambah dengan empat lainnya, daftar Warisan Budaya Dunia kini menjadi 904.

Situs lainnya adalah monumen bersejarah Dengfeng di China, situs arkeolog Sarazm di Tajikistan, kota Episcopal Albi di Prancis dan kanal ring Amsterdam.

Sabtu lalu, UNESCO telah memasukkan sembilan situs dalam daftar tersebut, termasuk Bikini Atoll di kepulauan Marshall, lokasi uji coba nuklir tahun 1940-an dan 1950-an. UNESCO menilai uji coba ini memiliki konsekuensi besar pada geologi dan lingkungan dan menjadi simbol kebangkitan era nuklir.

Situs lain yang yang masuk list ini adalah Distrik Turaif di Saudi Arabia, situs observasi astronomi Jantar Mantar di India, Kuil di Ardabil, Iran, desa bersejarah Hahoe dan Yangdong di Korea Selatan. (AP)

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024

Optimisme kemenangan dirasakan timnas Indonesia untuk merebut kembali piala di turnamen bergengsi Piala Thomas dan Piala Uber 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024