200 Ribu Orang Tewas Akibat Tsunami Asia

VIVAnews - Pada 26 Desember 2004, sebuah gelombang tsunami raksasa menyapu sebagian pantai Asia menewaskan lebih dari 200.000 orang. Sekitar 177.000 di antaranya adalah warga Aceh, Indonesia, yang berjarak paling dekat dengan pusat gempa.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Gempa berkekuatan 9 magnitude yang memicu tsunami dahsyat tersebut terjadi di bawah laut di sebelah barat Aceh, Indonesia. Gempa yang terjadi pukul 07.59 WIB tersebut menciptakan tsunami terbesar dalam 40 tahun terakhir.

Menurut Jan Egeland, Koordinator Bantuan Darurat PBB, tsunami yang melanda Asia merupakan bencana alam paling masif dalam beberapa abad terakhir.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Secara keseluruhan, tsunami menewaskan lebih dari 200.000 orang di 13 negara. Hampir semua negara yang terletak di Samudera Hindia terkena dampak Tsunami.

Efek Tsunami bahkan terasa hingga ke Yaman dan Somalia. Enam bulan setelah bencana, negara-negara di seluruh dunia menggalang dana besar-besaran untuk membantu korban Tsunami.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

Tidak kurang dari US$ 12 miliar berhasil dikumpulkan untuk membantu rekonstruksi pasca tsunami. Sebagian besar dana tersebut diberikan kepada Indonesia yang menjadi korban terparah tsunami.

Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Dari keenam orang yang jadi tersangka diantaranya adalah selebgram yakni Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024