Kolera Renggut Lebih dari 900 Nyawa di Haiti

Wabah Kolera Di Haiti
Sumber :
  • AP Photo/Ramon Espinosa

VIVAnews -- Tak terkira penderitaan masyarakat Haiti. Setelah dihajar bencana gempa Bumi 7 skala Ricter pada Selasa 12 Januari 2010, kini wabah kolera merenggut korban jiwa.

Seperti dimuat Telegraph, Senin 15 November 2010, Hanya sebulan, korban tewas akibat wabah kolera meningkat menjadi 917 orang. Padahal, baru Jumat lalu, Departemen Kesehatan Haiti mengumumkan ada sebanyak 796 kematian.

Melejitnya jumlah korban kolera adalah sebuah gambaran betapa putus asanya negara tersebut menyediakan infrastruktur dan fasilitas kesehatan yang baik.

Kekhawatiran kondisi Haiti meningkat pasca bencana gempa tahun lalu.

Dari 10 provinsi di Haiti, enam di antaranya sudah terjangkit epidemi Kolera. Sebanyak 14.642 orang dirawat di rumah-rumah sakit dengan fasilitas seadanya dan dalam kondisi kurang siap menghadapi wabah.

Setidaknya 27 dari kematian tercatat di ibukota Haiti, Port-au-Prince, termasuk wilayah  kumuh terbesar, Cite Soleil dan sekitarnya.

Para pejabat bagai terteror, mereka kini khawatir skala epidemi bisa meningkat eksponensial, apalagi jika kolera menyusup ke tenda-tenda pengungsian -- di mana ratusan ribu korban gempa hidup dalam kondisi berdesakan dan tak sehat.

Kolera disebabkan oleh infeksi bakteri dari usus. Penyakit itu ditandai dengan gejala diare, muntah-muntah, dan kram pada kaki. Demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Dalam kasus-kasus tertentu, cairan di dalam tubuh bisa terkuras dengan cepat sehingga penderita mengalami dehidrasi dan syok. Tanpa perawatan, kematian bisa terjadi dalam hitungan jam.

Kolera biasanya terjadi setelah penderita mengonsumsi makanan dan atau air yang tidak bersih maupun tinggal di dekat fasilitas sanitasi atau saluran air yang buruk. (umi)

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024