26 November 1941

Penetapan Hari Libur Thanksgiving

Keluarga Obama Membagikan Makanan untuk Thanksgiving di Chicago
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 69 tahun yang lalu, Presiden AS, Franklin D.Roosevelt, menandatangani undang-undang (UU) yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat di bulan November sebagai hari Thanksgiving.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Laman berita Politico mengungkapkan bahwa tradisi merayakan liburan setelah masa panen di hari Kamis ini berawal pada abad 17 di wilayah koloni Plymouth dan Massachusetts.

Tahun1777, Kongres Kontinental menyatakan hari thanksgiving secara resmi untuk pertama kalinya, mengikuti kemenangan patriot di Saratoga. Tahun 1789 Presiden George Washington menjadi presiden pertama yang memproklamirkan libur Thanksgiving. Saat itu atas permintaan kongres, dia menetapkan 26 November, hari selasa sebagai hari libur nasional Thanksgiving,untuk diratifikasi dalam konstitusi AS.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Tapi ternyata itu tak terjadi juga hingga 1863, ketika Presiden Abraham Lincoln mendeklarasikan Thanksgiving untuk jatuh pada hari Kamis terakhir di bulan November.

Dengan beberapa kekecualian, setiap tahun presiden-presiden berikutnya mengikuti ketetapan yang dibuat Lincoln. Tahun 1939, Presiden Roosevelt keluar dari tradisi dengan mendeklarasikan 23 November, sebelum hari Kamis terakhir di bulan November tahun itu, sebagai hari Thanksgiving. Pemilihan hari untuk menarik musim belanja hingga Natal, yang dalam proses pembuatannya menciptakan kontroversi.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Pada 26 November 1941, Presiden Roosevelt meralat dan mengakui kekeliruannya. President Roosevelt menandatangani undang-undang yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat di bulan November sebagai hari Thanksgiving.

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024