Video Itu Pertontonkan 'Kebusukan' Penjara

Foto Penjara
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Masih ingat aksi Satgas Mafia Hukum yang membongkar 'sel mewah' di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu? Berbagai kenyamanan yang dimiliki sejumlah tahanan, termasuk tahanan kasus korupsi Artalyta Suryani, itu berhasil mencoreng institusi pemerintah di mata publik.

Kisah serupa tengah menggegerkan publik di Inggris. Sebuah video hasil investigasi Sky News berhasil mengungkap berbagai penyimpangan serius di dalam penjara Bullingdon Oxfordshire.

Terekam jelas bagaimana seorang tahanan kasus korupsi dengan mudah memiliki telepon seluler di dalam penjara. Ponsel itu didapat dari seorang sipir dengan menebusnya seharga £350 atau hampir Rp5 juta.

Sky News juga mendapat rekaman video yang diambil seorang tahanan bernama Micahel Long menggunakan kamera ponsel. Video yang berisi tingkah para tahanan selama beberapa minggu itu dikirim menggunakan fasilitas internet di ponsel.

Video itu menunjukkan betapa buruknya keamanan di penjara. Mulai dari mudahnya para tahanan mengakses narkotika atau benda terlarang lainnya, juga kurangnya pelatigan dan rehabilitasi bagi tahanan selama di penjara.

Di salah satu bagian, video itu memperlihatkan bagaimana distribusi narkotika lewat dinding penjara, juga bagaimana seorang narapidana bisa dengan mudah melalukan pertemuan dengan reporter Sky News di area parkir tanpa pengawasan petugas.

Michael Long mengirim video itu sebagai kritik atas buruknya situasi di penjara. "Di mana rehabilitasi yang seharusnya diberikan? Saya sudah di sini selama setahun dan yang saya lakukan hanyalah tidur berbaring di ranjang. Tidak ada pelatihan-pelatihan apapun di sini," kata Long.

"Saya perlu dilatih, saya harus memiliki beberapa keterampilan sehingga ketika keluar penjara bisa mendapatkan pekerjaan. Saya tidak ingin kembali ke dunia kejahatan tetapi mereka tidak mengajar apa-apa di sini. Apakah saya harus menangis agar dididik," Long menambahkan.

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman mengatakan, "Langkah-langkah telah diambil untuk mengantisipasi benda-benda selundupan ke dalam penjara, termasuk pemasangan kawat kasa mencegah benda dilempar lewat dinding, juga penyegelan jendela."(umi)

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Baca juga: Penjara Ini Mirip Hotel Bintang 5

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Jasad perempuan berinisial RM (50) ditemukan dalam koper di semak-semak kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024