19 Januari 2010

Maskapai Japan Airlines Bangkrut

Maskapai Japan Airlines (JAL)
Sumber :

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu, maskapai penerbangan terkemuka di Jepang, Japan Airlines (JAL), resmi mengajukan perlindungan pailit ke pengadilan. JAL harus mengalami perombakan besar-besaran agar keuangannya bisa sehat kembali dan tidak sampai dilikuidasi.

Menurut kantor berita Associated Press, pimpinan JAL tak kuasa menanggung beban utang korporat yang sudah senilai US25,6 miliar. Dalam keadaan bangkrut, tak ada jalan bagi JAL selain mengajukan perlindungan pailit kepada Pengadilan Distrik di Tokyo di bawah Undang-undang Rehabilitasi Korporat.

Bangkrutnya JAL sudah diperkirakan dalam beberapa pekan terakhir karena maskapai itu tak mampu menanggung kerugian bisnis dan beban utang.

Dengan demikian, selama proses perlindungan pailit, JAL harus melakukan pengurangan pekerja sekitar 16.000 orang. JAL juga harus mengurangi jatah tunjangan pensiun pekerja, mengurangi rute layanan dan harus mengupayakan pesawat yang irit bahan bakar.

Sementara itu, pemerintah Jepang membantu menyuntik dana sebesar US$10 miliar agar JAL tetap beroperasi selama restrukturisasi di bawah perlindungan kepailitan berlangsung. Para kreditur juga akan memutihkan utang JAL sebesar $8 miliar. Tak hanya itu, JAL akan dihapus dari perdagangan saham di bursa saham Tokyo mulai 20 Februari 2010.

Menurut data dari Teikoku Databank, ini merupakan kasus kebangkrutan keempat terbesar di Jepang. Bahkan JAL menjadi perusahaan non-keuangan yang menderita kebangkrutan terbesar di Negeri Matahari Terbit itu.

Namun, pejabat pemerintah optimistis bahwa JAL masih bisa diselamatkan. "Ini bukanlah akhir bagi JAL," kata Menteri Perhubungan Jepang, Seiji Maehara. "Kini merupakan awal dari proses untuk membuat JAL tetap hidup," lanjut Maehara.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf
ilustrasi olahraga lari.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Setelah mengonsumsi banyak makanan berlemak, jangan lupa melakukan aktivitas olahraga agar lemak-lemak yang menumpuk di tubuh bisa terbakar.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024