Obama: Iran Bersikap Mendua

Seorang bocah (kanan atas) terlelap mendengar pidato Barack Obama di Michigan
Sumber :
  • AP Photo/Paul Sancya

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menilai pemerintah Iran sebagai suatu ironi. Di satu sisi, rezim di Iran mendukung gelombang Revolusi Mesir, namun di sisi lain justru menindak keras atas aksi unjuk rasa di negaranya. 

Dalam demonstrasi di Teheran yang berlangsung 14-15 Februari lalu, Iran mengerahkan aparat keamanan untuk menindak para demonstran anti Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Bentrokan tak terhindarkan sehingga menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya.

“Sangat ironis ketika rezim Iran bersikap seolah-olah merayakan apa yang terjadi di Mesir, padahal mereka bertindak berlawanan dengan apa yang dilakukan di Mesir, dengan menembaki dan memukuli orang-orang yang mencoba untuk mengekspresikan aspirasi mereka dengan damai,” ujar Obama di Gedung Putih, Selasa 15 Februari 2011 waktu setempat, seperti yang dikutip kantor berita Associated Press.

Obama merujuk pada pernyataan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad Sabtu,12 Februari lalu yang menyatakan turut bergembira dengan kemenangan rakyat Mesir dalam menumbangkan rezim Presiden Hosni Mubarak. Ahmadinejad juga menyatakan dukungannya terhadap gerakan perlawanan di Mesir.

Menurut Obama, pernyataan Ahmadinejad itu terkesan ironis, karena rezimnya sendiri menentang pergerakan oposisi di dalam negeri. Aparat keamanan menembakkan gas air mata dan peluru karet, serta menggempur demonstran dengan menggunakan tongkat.

“Harapan dan keinginan saya adalah kita dapat terus melihat rakyat Iran mempunyai keberanian untuk dapat mengekspresikan kerinduan mereka akan kebebasan dan pemerintahan yang lebih mewakili,” ujar Obama.

Obama juga menyerukan pemerintahan di Timur Tengah lebih mencermati perkembangan komunikasi melalui berbagai sosial media di internet. Dia mengatakan bahwa pemerintah setempat juga harus lebih mengerti tuntutan rakyat.

“Kami punya pesan yang kuat bagi negara-negara di Timur Tengah. Lihatlah apa yang terjadi di Mesir,” kata Obama.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah
Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024