VIDEO: Jet-jet Tempur Jepang Terseret Tsunami

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Badan Meteorologi Jepang sudah merevisi kekuatan gempa yang sebelumnya 8,8 Skala Richter, kini menjadi 9,0 Skala Richter. Dari analisa gelombang seismik, kekuatannya setara dengan gempa bumi yang terjadi di Sumatera, Indonesia pada 2004 yang memicu tsunami besar di Samudera Hindia.

Hantaman tsunami di Jepang melumpuhkan hampir sebagian negara itu. Warga tidak hanya mulai kekurangan bahan makanan, dan air bersih, tapi juga bahan bakar yang terus minipis. Kini setiap keluarga di kota Sukagawa hanya dijatah sepuluh liter air minum setiap hari, untuk menjaga persediaan air.

Gempa yang memicu munculnya tsunami juga melumpuhkan industri teknologi yang meliputi semikonduktor dan elektronik. Kerugian akibat bencana ini juga dirasakan militer Jepang.

Markas militer di Miyadi, Jepang, yang paling merasakan terjangan dahsyat tsunami. Jet-jet tempur terhempas dari pangkalannya dan menghancurkan bangunan di sekitarnya. Lihat videonya di sini.

Pesawat tempur terlihat keluar dari hanggar dan landas pacu. Belum diketahui berapa jumlah kerugian Pemerintah Jepang akibat rusaknya jet tempur mereka.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Minggu 13 Maret 2011, militer Jepang mulai melakukan pembersihan. Tapi pembersihan masih dilakukan secara sederhana. Belum terlihat ada alat berat untuk mengevakuasi pesawat-pesawat yang rusak itu.

Selain menghancurkan hanggar, gempa Jepang juga merusak reaktor nuklir pembangkit listrik. Hingga saat ini, dampak radiasi akibat meledaknya reaktor yang berlokasi di Fukushima, sedikitnya 160 orang terkontaminasi radiasi. Pemerintah Jepang menyatakan, tingkat radiasi saat ini telah berkurang. (umi)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024