Jet Tempur AS Jatuh di Libya, Dua Selamat

Pesawat tempur AS lepas landas dari kapal induk USS George Washington
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Sebuah pesawat jet tempur US Air Force jatuh di Libya. Namun, kedua awak pesawat dapat dievakuasi dengan aman. Jatuhnya pesawat F-15E tersebut disinyalir bukan akibat tertembak, tetapi mengalami kerusakan mekanik.

Menurut pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS), seperti dilansir CNN, saat ini kedua awak sudah berada di AS, karena berhasil keluar dari Libya, Selasa, 22 Maret 2011.

Dua awak yang terdiri atas seorang pilot dan perwira pesawat tempur F-15E Strike Eagle tersebut mengalami masalah saat terbang dari Aviano Air Base di Italia ke Libya.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Namun, Kenneth Fidler, juru bicara Komando Militer AS untuk Afrika mengatakan kedua awak tersebut berhasil diselamatkan. "Pilot dan petugas senjata menderita luka ringan, namun mendarat dengan selamat dari Libya. Kedua anggota awak berada di luar Libya," kata dia.

Jet tersebut keluar dari pangkalan Royal Air Force di Lakenheath, Inggris dan terbang menuju Libya sebagai bagian dari serangan koalisi pada pertahanan udara Libya dengan maksud melindungi warga sipil. Tindakan tersebut mendapat persetujuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kecelakaan itu bukan karena serangan musuh," kata Kenneth.

Kejadian tersebut terjadi setelah seorang pejabat AS mengatakan bahwa misi internasional itu bertujuan untuk melemahkan kekuatan pemimpin Libya Moammar Khadafi.

Rudal dan senjata anti pesawat menembus langit malam di Tripoli hingga jelang Selasa pagi. Amerika Serikat menembakkan 20 rudal jelajah Tomahawk ke Libya dalam 12 jam terakhir.

Menurut juru bicara militer, sebanyak 159 Tomahawks telah diluncurkan Amerika Serikat dan Inggris sejak Operasi Odyssey yang dimulai Sabtu lalu. (art)

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024