Krisis Fukushima Disamakan dengan Chernobyl

Samurai nuklir Fukushima 4
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Pemerintah Jepang menaikkan level krisis nuklir di Fukushima Daiichi ke level terburuk dalam skala internasional, dari 5 ke 7. Di level ini, kebocoran radioaktif dianggap mengancam kehidupan di areal yang luas.

Badan Keselamatan Industri dan Nuklir Jepang memutuskan hal tersebut Senin lalu, seperti dilansir dari laman NHK news, Selasa 12 April 2011. Badan ini menilai kerusakan fasilitas di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi mengakibatkan kebocoran radioaktif dalam jumlah besar sehingga membahayakan kesehatan dan lingkungan dalam areal yang sangat luas.

Badan ini menggunakan skala INES (International Nuclear and Radiological Event Scale) sebagai patokan. Skala ini didesain sekelompok ahli yang menunjukkan signifikansi peristiwa nuklir dari skala 0 sampai 7.

Pada 18 Maret lalu --seminggu pasca-gempa dahsyat 9 SR-- agen ini menilai tingkat kebocoran Fukushima ada di level 5. Level ini disejajarkan dengan kebocoran nuklir di Three Mile Island, Amerika Serikat pada 1979.

Sedangkan bencana nuklir yang pernah mendapat skala 7 adalah Chernobyl di bekas negara Uni Soviet pada 1986. Saat itu, ratusan ribu terabecquerel radioactive iodine-131 bocor ke udara. Satu  terabecquerel sama dengan satu triliun becquerel.

Meski demikian, badan ini yakin akumulasi radioaktif yang terlepas ke udara di Fukushima ini masih di bawah Chernobyl.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

'Bencana Chernobyl' adalah kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah manusia. Pada 26 April 1986 pukul 01:23 pagi, reaktor nomor empat di PLTN yang terletak di Uni Soviet tersebut meledak. Akibat kejadian tersebut, 5 juta orang yang tinggal di Belarusia, Ukraina, dan Rusia terkontaminasi zat radioaktif.

Untuk melihat kedahsyatan bencana Chernobyl, klik fotonya di sini.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024