Iran Sukses Uji Coba Rudal Baru

Rudal Shahin produksi Iran
Sumber :
  • Iran Press TV

VIVAnews - Iran sukses melakukan ujicoba penembakan dua rudal jarak sedang bernama Shahin (Elang). Rudal itu mampu melacak dan menghancurkan pesawat musuh yang terbang di ketinggian rendah dan sedang.

"Rudal-rudal itu berhasil mengenai target-target spesifik," kata Komandan Pangkalan Udara Khatam al-Anbiya, Brigjen Farzad Esmaili, seperti dikutip kantor berita Fars, Minggu 17 April 2011. Dua rudal baru buatan Iran itu diluncurkan melalui sistem penangkal serangan udara Mersad (Penyergap).

Uji coba peluncuran rudal tersebut, menurut Fars, merupakan bagian dari acara peringatan Hari Kelahiran Tentara Republik Islam Iran, yang jatuh pada 18 April sekaligus sebagai ajang untuk memamerkan kekuatan pertahanan negeri itu. Esmaili menilai kesuksesan uji coba tersebut merupakan salah satu bukti kecil dari kemampuan para pakar dan teknisi dalam negeri Iran.

Sistem pertahanan udara Mersad, yang dilengkapi dengan rudal Shahin, memiliki kemampuan untuk menemukan, mengejar, dan memusnahkan segala sasaran terbang pada rentang ketinggian 70 hingga 150 km. Ini merupakan sistem pertahanan udara kelas menengah yang dimiliki Iran.

Pada Sabtu pekan lalu, Iran juga dikabarkan berhasil memproduksi sistem pertahanan rudal baru bernama Sayyad-2 dan dalam waktu dekat akan dilibatkan dalam operasi militer. Rudal ini memiliki kemampuan bersaing dalam perang elektronik dan dapat diandalkan juga dalam menghadapi sistem radar musuh.

Kabinet Perang Israel Gelar Rapat, Netanyahu Siapkan Target Balas Dendam di Iran
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja

Ultah ke-16, Rahmat Bagja Bilang Bawaslu Masih Ada PR Termasuk Kenaikan Gaji

Sejumlah pekerjaan rumah atau, PR, masih menanti Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu. Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, menyebut diantaranya yaitu soal kenaikan gaji dan tukin.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024