Aktivis Yahudi Ganggu Pidato PM Israel

Benjamin Netanyahu berpidato di parlemen AS, 24 Mei 2011
Sumber :
  • AP Photo/Susan Walsh

VIVAnews - Seorang aktivis anti pendudukan Israel di Palestina berupaya menyabot pidato Perdana Menteri israel, Benjamin Netanyahu, di AS. Pidato Netanyahu pun sempat terhenti sejenak sampai polisi menangkap aktivis itu.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Menurut surat kabar Haaretz, Netanyahu berpidato di parlemen AS di Washington DC, Selasa sore 24 Mei 2011 waktu setempat. Namun pidato itu sempat terhenti saat seorang perempuan aktivis  bernama Rae Abileah berteriak "Hentikan kejahatan perang Israel!"

Wanita Yahudi-Amerika yang tergabung dalam organisasi HAM bernama Code Pink ini juga menuntut dihentikannya pendudukan Israel di Palestina. Tidak berapa lama berselang, polisi datang dan menyeret Abileah meninggalkan lokasi.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Netanyahu sempat menghentikan pidatonya sebentar akibat insiden tersebut. Namun, seperti tidak terjadi apa-apa, dia melanjutkan  kembali pidatonya yang memuji kepemimpinan demokratis di AS. Dia juga mengatakan bahwa protes seperti itu adalah bukti bahwa AS menjunjung tinggi kebebasan berpendapat.

"Kau tidak bisa melakukan protes seperti itu di Teheran. Inilah demokrasi sejati," ujar Netanyahu.

5 Promo Hari Kartini, Ada Minyak Goreng 2 Liter Cuma Rp30 Ribuan

Sebelumnya, Abileah melalui pernyataannya di situs Code Pink telah menyampaikan protes atas sikap Netanyahu yang menolak diakuinya kembali Peta Perbatasan 1967. Netanyahu mengatakan bahwa Peta Perbatasan itu tidak dapat dipertahankan lagi karena daerah-daerah Palestina dalam peta itu telah masuk ke dalam wilayah Israel.

"Tapi yang tidak dapat dipertahankan lagi adalah pendudukan wilayah, kelaparan di Gaza, penahanan aktivis, dan tidak adanya persamaan hak di Israel yang katanya negara demokratis itu," ujar Abileah dalam pernyataan tersebut.

"Sebagai seorang Yahudi dan pembayar pajak di Amerika, saya tidak bisa diam saja ketika kejahatan ini dilakukan atas nama agama saya dan menggunakan uang pajak saya," lanjutnya lagi.

Protes serupa juga terjadi pada saat Netanyahu berpidato di depan pelobi Israel di parlemen AS, Senin waktu setempat. Kala itu beberapa orang Yahudi berdiri dan membentangkan poster dan mengatakan bahwa mereka menentang kebijakan pertahanan Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya