ASEAN-Jepang, Kerja Sama dari Hati ke Hati.

Dubes Jepang untuk ASEAN, Takio Yamada (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews/ Denny Armandhanu

VIVAnews - Kerja sama antara ASEAN dengan Jepang adalah kerja sama dari hati ke hati, yaitu kerja sama yang saling menguntungkan atas dasar persamaan kebudayaan dan nilai-nilai tradisi.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Jepang untuk ASEAN, Takio Yamada, usai meresmikan kantor misi Jepang untuk ASEAN di Jakarta, Kamis, 26 Mei 2011. Yamada mengatakan bahwa budaya Jepang menyumbang banyak dalam nilai-nilai di ASEAN, begitupun sebaliknya. Itulah sebabnya misi Jepang untuk meningkatkan kerja sama di ASEAN kali ini dinamakan "Kemitraan dari Hati ke Hati."

"Kami merasakan ada chemistry antara ASEAN dan Jepang. Di ASEAN, kami merasa seperti di rumah," ujar Yamada.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Jepang telah menjadi mitra wicara ASEAN sejak pertama kali tersebut pada 1967. Pembukaan misi Jepang untuk ASEAN adalah bentuk penguatan hubungan kerja sama ke depannya antara kedua pihak.

Yamada mengatakan bahwa negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi telah menyumbang banyak bagi perkembangan di Jepang. Posisi ASEAN, ujarnya, adalah kedua setelah China dalam jumlah kerja sama perekonomian. Hal ini mematahkan anggapan banyak orang bahwa Amerika Serikat adalah mitra terbesar bagi Jepang.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

"Dalam bidang perdagangan, jumlah kerja sama dengan ASEAN lebih besar daripada kerja sama dengan Amerika Serikat. Negara-negara ASEAN juga menjadi tujuan utama bagi para investor Jepang," ujarnya.

ASEAN juga, ujarnya, akan memiliki peran yang penting dalam merevitalisasi perekonomian Jepang pasca gempa bumi dan tsunami 11 Maret lalu.

Kerja sama dengan ASEAN juga akan difokuskan pada permasalahan keamanan dan politik. Peran ASEAN kini lebih meluas, terbukti dengan akan turut hadirnya kepala negara Amerika Serikat dan Rusia pada Konferensi Asia Timur, November mendatang.

"Dengan tujuan membentuk Komunitas ASEAN 2011, ASEAN telah meningkatkan proses integrasi dan solidaritasnya. Kehadiran ASEAN di wilayah ini sangat penting," ujar Yamada.

Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN, Bagas Hapsoro, menyambut baik penempatan misi Jepang untuk ASEAN di Indonesia. Dia mengatakan bahwa proyek-proyek antara ASEAN dan Jepang akan semakin mudah teralisasi dengan adanya misi ini.

"Saya yakin Jepang dan ASEAN akan dapat bekerja sama dengan efektif." ujar Bagas. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya