20-6-2010: Kolombia Punya Presiden Baru

Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos
Sumber :
  • elespectador.com

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu, Kolombia memilih presiden baru. Dia adalah mantan menteri pertahanan Juan Manuel Santos.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Menurut stasiun berita Al Jazeera, Santos menang pemilu secara telak, berdasarkan hasil penghitungan suara 20 Juni 2010.  Dia meraih 69 persen suara dan mengalahkan pesaingnya, Antanas Mockus, yang hanya meraup 27,5 persen suara.

Santos mendapat lebih dari sembilan juta suara, meraih rekor suara terbanyak yang pernah dicapai kandidat presiden Kolombia.

Santos, yang didukung penuh oleh Presiden Alvaro Uribe, baru  resmi memimpin negara Amerika Latin itu -- yang menjadi sekutu dekat Amerika Serikat -- pada Agustus 2010.

Menurut Al Jazeera, suasana pemilihan kemarin berlangsung tenang dan cenderung sepi karena sebagian besar wilayah Kolombia diguyur hujan. Apalagi, turnamen Piala Dunia yang tengah berlangsung di Afrika Selatan membuat para pemberi suara memilih untuk berdiam di rumah masing-masing.

Santos, 38 tahun, berjanji untuk melanjutkan kebijakan keamanan dan pro-bisnis yang digalakkan Presiden Uribe. Uribe sendiri tidak bisa mencalonkan diri lagi sebagai presiden karena undang-undang konstitusional melarangnya menjabat untuk kali ketiga.

Meski masa jabatan kedua Uribe diwarnai skandal korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia, Uribe tetap populer karena upayanya memerangi pemberontakan gerakan pemberontak, Revolutionary Armed Forces of Colombia (Farc).

Dengan menggunakan dana bantuan senilai miliaran dolar dari AS dia mendesak Farc keluar dari kota-kota utama di Kolombia. (umi)

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI
Shin Tae-yong

Sikap Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan di Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23. Pelatih Timnas Indonesia U-23 bersikap beda.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024