Australia Dukung Myanmar Pimpin ASEAN 2014

President Yudhoyono, second from left, at the ASEAN Secretariat Jakarta
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVAnews - Indonesia melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menilai Myanmar patut dipertimbangkan untuk memimpin organisasi negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN untuk masa jabatan 2014. Dukungan diberikan karena negara tersebut menunjukkan perkembangan dalam demokrasi.

"Kita perlu mengakui ada perkembangan demokrasi di Myanmar, mulai dari Pemilihan Umum hingga pembebasan Aung San Suu Kyi. Perkembangan ini tentu harus dioptimalkan sehingga ketetapan otoritas Myanmar dapat dijalankan," ungkap Menlu usai acara pertemuan bilateral Indonesia-Australia di gedung Kementerian Luar Negeri, Jumat 8 Juli 2011.

Pernyataan Marty tersebut juga didukung oleh Menlu Australia Kevin Rudd yang baru saja melawat ke Myanmar. Menurut Rudd, pembebasan Aung San Suu Kyi dari tahanan rumah merupakan sinyal positif berkembangnya demokrasi.

Rudd menilai posisi Indonesia sebagai salah satu negara dengan sistem demokrasi yang menonjol sekaligus pemimpin ASEAN menjadi tantangan tersendiri untuk mempertimbangkan hal tersebut.

"Indonesia dengan negara anggota ASEAN lain akan membahas hal ini lebih lanjut dalam pertemuan antar negara ASEAN nanti," Menlu menambahkan.

Sebelumnya harian The Nation pernah mengungkapkan, Laos sudah bersedia bertukar giliran kepemimpinan dengan Myanmar. Menurut kesepakatan sebelumnya, Laos menjadi ketua pada 2014 dan setahun kemudian Myanmar.
Namun Myanmar, yang akhir tahun lalu menyelenggarakan pemilu dan mereferendum konstitusi, merasa siap untuk mempercepat jadwal kepemimpinannya di ASEAN.

Perubahan jadwal kepemimpinan di ASEAN lumrah terjadi. Indonesia pun tadinya mendapat jadwal memimpin ASEAN pada 2013. Namun, Indonesia bertukar jadwal dengan Brunei Darussalama, yang seharusnya tahun ini memimpin ASEAN. (eh)

Tak Bisa Main Lawan Australia, Ivar Jenner Ucapkan Sesuatu soal Kartu Merah
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di kantor DPP Demokrat.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebutkan sejumlah syarat bakal calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024