Betty Ford,Penghuni Tertua Gedung Putih Wafat

Rumah Sang Presiden
Sumber :
  • AP Photo/Charles Dharapak

VIVAnews - Mantan Ibu Negara Betty Ford yang merupakan istri Presiden Amerika Serikat Gerald R Ford meninggal dunia dalam usia 93 tahun.

Seperti dikutip VIVAnews dari laman news.com.au, Sabtu, 8 Juli 2011 diketahui bahwa wanita bernama lengkap Elizabeth Ann Bloomer Warren Ford ini terkenal sebagai pendiri Betty Ford Center Addiction di California. Dia adalah pembicara ulung mengenai peringatan bahaya kanker payudara, amandemen persamaan hak, serta penanganan korban kekerasan.

Dalam usia ke-93 tahun, Betty Ford merupakan mantan penghuni Gedung Putih tertua diantara para mantan penghuni istana presiden AS tersebut.

Mantan Ibu Negara Nancy Reagan dalam pernyatannya mengungkapkan kesedihannya mendengar kabar tersebut. "Dia telah memberikan inspirasi bagi semua orang melalui usayanya mendidik masyarakat mengenai kanker payudara dan telah menjalankan kerja yang baik di Betty Ford Center," ujar dia.

Sementara itu, mantan Presiden AS George HW Bush juga ikut berkomentar seputar kematian Betty Ford. Menurutnya, Betty Ford adalah sosok istri dan ibu yang ramah, teman yang baik, dan ibu negara yang suportif.

"Tidak ada seorang pun, orang yang semasa hidupnya berjuang dengan keteguhan hati dan kejujuran dan hasilnya kita memperoleh pelajaran dari tantangan yang dihadapinya," kata Bush.

Dia menambahkan Betty Ford Center yang telah banyak membantu ribuan orang akan tetap bertahan sebagai simbol keperdulian dan perhatian.

Sebagai informasi, pasangan suami istri Ford secara mendadak dan tak diperkirakan sebelumnya menjadi orang nomor 1 setelah skandal politik menjatuhkan wakil presiden Spiro Agnew yang berlanjut pada berhentinya Richard Nixon dari tampuk kekuasaan.

Walau tanpa persiapan yang memadai, Betty yang sebelumnya merupakan penari yang kerap kali menggunakan cincin dan celana panjang, mampu beralih peran menjadi ibu negara yang modern.

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia
Verrell Bramasta.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Aktor sekaligus caleg Verrell Bramasta menilai, bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemimpin negara yang bisa mewujudkan harapan dari kalangan muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024