China Mulai Uji Coba Kapal Induk

Kapal Induk China
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Militer China melakukan ujicoba kapal induk pertama negara tersebut di lautan lepas, Rabu pagi, 10 Agustus 2011. Uji coba ini sekaligus membuktikan kekhawatiran negara-negara tetangga akan peningkatan kekuatan maritim China.

Dilansir dari laman Xinhua, Kapal induk pengangkut pesawat ini meninggalkan galangannya di provinsi Liaoning menuju laut lepas. Pejabat China mengatakan uji coba hanya dilakukan sebentar. Sesudah itu, kapal dikembalikan ke galangan untuk perbaikan selanjutnya.

Sumber kemiliteran China mengatakan, uji coba tersebut termasuk dalam langkah perbaikan kapal. Kapal induk sepanjang 300 meter ini sebelumnya merupakan kapal perang peninggalan Uni Soviet bernama Varyag yang memiliki desain kuno dan tidak dirakit di China.

Kapal ini dirakit pertama kali pada tahun 80an oleh angkatan laut Uni Soviet, namun tak sempat diselesaikan saat Uni Soviet terpecah pada 1991. Varyag yang berkarat kemudian dipindahkan ke galangan kapal di Ukraina.

Sebelumnya, sebuah perusahaan China sempat membeli Varyag dan memotong-motongnya untuk dijadikan kasino apung di Macau. Dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk mengumpulkan semua potongan itu dan membawanya ke Dalian untuk dirakit kembali menjadi sesuai fungsinya.

Walau belum ada konfirmasi resmi, kapal itu akan diberi nama "Shi Lang," yaitu nama seorang laksamana terkenal di Kekaisaran China semasa dinasti Ming.

Uji coba kapal ini membuktikan ketakutan beberapa negara tetangga terhadap perkembangan dan perluasan kekuatan militer China di kawasan, terutama di Laut China Selatan. Sebelumnya pekan lalu, hal ini telah disampaikan oleh pemerintah Jepang yang mengatakan ambisi China adalah menguasai Laut China Selatan.

Wilayah perairan ini telah sejak lama diperebutkan oleh lima negara di kawasan Asia. China dilaporkan kerap terlibat adu senjata dengan negara-negara tersebut. Terakhir, Juni lalu, China terlibat konflik dengan Vietnam terkait pelanggaran batas di wilayah sengketa Laut China Selatan. (eh)

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024