Warganya Dibunuh, Mesir Tarik Dubes di Israel

Asap di langit Gaza
Sumber :
  • AP Photo/Anja Niedringhaus

VIVAnews - Pemerintah Mesir menarik Duta Besarnya di Israel menyusul tewasnya lima polisi Mesir di perbatasan Palestina, Kamis pekan lalu. Tewasnya warga Mesir ini diduga akibat serangan tentara Israel ketika menggempur militan Palestina.

Dilansir dari laman Associated Press, pemerintah Mesir menarik Duta Besar Mesir untuk Israel, Yasser Reda, pada Sabtu, 20 Agustus 2011. Mencoba menenangkan situasi, pemerintah Mesir menawarkan penyelidikan terkait kematian para petugas perbatasan tersebut. Namun, Mesir tetap melancarkan niatnya.

"Dubes Mesir untuk Israel ditarik sampai kami diberikan hasil penyelidikan dari pihak Israel," kata pernyataan kabinet Mesir.

Ini adalah kali pertama dalam 11 tahun terakhir Mesir menarik dubesnya dari Israel. Terakhir pada tahun 2000 silam, saat Mesir memprotes kekerasan oleh Israel terhadap warga Palestina.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Amr Moussa, calon presiden Mesir, mengeluarkan pernyataan yang keras terkait pembunuhan oleh Israel ini. Dia mengatakan tidak ada pihak manapun, termasuk Israel yang dapat melukai warga Mesir tanpa mendapat peringatan keras.

"Darah para martir kami yang tumpah ketika menjalankan tugasnya, tidak akan sia-sia," kata Moussa.

Tentara Israel dalam sejak Kamis pekan lalu gencar melakukan serangan ke wilayah-wilayah Palestina, terutama Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir. Dilaporkan, dalam dua hari terakhir, sebanyak 14 orang tewas dibombardir jet tempur Israel.

Serangan Israel ini adalah balasan dari serangan bunuh diri militan di penginapan tepi pantai Laut Merah Israel, Eilat. Pada penyerangan tersebut, dilaporkan delapan warga Israel, enam warga sipil dan dua tentara, tewas. Lebih dari 40 warga Israel juga terluka.(umi)

Ilustrasi pergerakan saham

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Saham berdividen merupakan saham dari perusahaan yang secara rutin membayar dividen kepada para pemegang saham. Berikut ini penjelasan manfaat dan risiko saham berdividen

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024