Janda Kennedy Soal Mantan Presiden Soekarno

Janda John F. Kennedy, Jacqueline Kennedy Onassis
Sumber :
  • Executive Office of the President of the United States

VIVAnews - Janda mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy (JFK), Jacqueline "Jackie" Kennedy Onassis, mengatakan mantan Presiden RI, Soekarno, adalah lelaki cabul yang meninggalkan kesan buruk. Selain Soekarno, Jackie juga mengungkap kejelekan beberapa tokoh ternama dunia lainnya.

Pernyataan ini disampaikan Jackie dalam sebuah rekaman audio 47 tahun yang lalu, empat bulan setelah JFK tewas tertembak pada 1963. Rekaman itu berisikan wawancara antara Jackie dengan sejarawan Gedung Putih, Arthur M. Schlesinger. Dia bersedia diwawancara dengan syarat, rekaman tersebut tidak akan dirilis hingga lama setelah kematiannya. Jackie meninggal dunia pada tahun 1994.

Dilansir dari laman New York Times, Selasa 13 September 2011, isi rekaman tersebut dimuat dalam buku "Jacqueline Kennedy: Historic Conversations on Life With John F. Kennedy". Dalam rekaman, Jackie mengenang ketika Soekarno berkunjung ke Gedung Putih pada tahun 1961.

Jackie mendapatkan laporan bahwa Soekarno menyukai keputusan pemimpin China kala itu, Mao Tse Tung, membukukan seluruh koleksi seninya. Untuk mengesankan Soekarno, Jackie meminta stafnya menyediakan satu eksemplar buku tersebut dan meletakkannya di ruang pertemuan antara Soekarno dan JFK. Jackie terkejut saat melihat isi dari buku kumpulan karya seni tersebut.

"Setiap halamannya ternyata berisi wanita telanjang sampai ke pinggang dengan kembang sepatu di rambutnya," ujar Jackie kepada Schlesinger yang langsung membuatnya tertawa.
 
"Soekarno terlihat sangat senang (melihat buku tersebut) dan berkata, ini 'istri kedua saya, dan ini..' Wajah Soekarno sangat cabul dan dia meninggalkan rasa yang buruk di lidahmu," kata Jackie lagi.

Kunjungan bersejarah Soekarno ke AS dilakukan pada April 1961. Dalam kunjungannya tersebut, Soekarno dan JFK mengunjungi pangkalan udara Andrews di Maryland. Jackie dalam wawancara mengatakan Soekarno telah menjadi orang hebat, padahal dulunya bukan apa-apa.

"Satu-satunya orang yang kukenal dulunya bejat dan ternyata menjadi seseorang yang kau harapkan adalah Soekarno," lanjut Jackie lagi.

Selain Soekarno, tokoh lainnya yang dikomentari dengan pedas oleh Jackie adalah Martin Luther King yang dikatakannya penuh kepalsuan, mantan ibu negara Lyndon Johnson, Perdana Menteri Prancis Charles De Gaulle yang disebutnya egomaniak, dan mantan perdana menteri India, Indira Gandhi, yang dikatakannya judes dan mengerikan. (eh)

Viral! Aksi Tak Terpuji Pengemudi Klakson Iringan Jenazah Babe Cabita, Tuai Kecaman Netizen
YouTuber Palestina, Oday Al Akhras dan Istri

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Untuk pertama kalinya dalam hidupnya, istri Youtuber tersebut harus menjalani bulan Ramadhan dan Idul Fitri tanpa kebebasan untuk bepergian ke mana pun yang diinginkannya

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024