Kaum Perempuan Arab Saudi Mendapat Hak Pilih

King Abdullah of Saudi Arabia
Sumber :
  • mideastnewswire.com

VIVAnews - Raja Abdullah dari Arab Saudi menyatakan kaum perempuan di negeri itu akan mendapatkan hak pilih dalam pemilihan umum tingkat kota mendatang. Selain itu, mereka juga memiliki hak untuk dipilih menjadi anggota Dewan Penasihat secara penuh.

Di Arab Saudi, Pemilu tingkat kota adalah satu-satunya pemilihan yang dapat diikuti oleh publik.

"Kami menolak meletakkan wanita pada posisi yang terpinggirkan. Setelah berdiskusi dengan para ulama sepuh, kami memutuskan akan melibatkan mereka dalam Dewan Penasihat mulai periode mendatang," demikian sang raja, kini telah berusia 87 tahun, seperti dikutip dari laman The Guardian.

"Kaum perempuan juga bisa mencalonkan diri sebagai kandidat pemilihan di tingkat kotapraja. Bahkan, mereka juga memiliki hak pilih," tambahnya.

Para aktivis liberal di negeri itu telah lama meminta agar para perempuan diberikan hak lebih besar. Sebagaimana diketahui, mereka selama ini dikekang oleh hukum setempat yang melarang mereka bepergian, bekerja atau menjalani operasi tanpa izin dari dari pihak lelaki. Tak hanya itu, mereka juga tak memiliki hak untuk berkendara.

Kaum perempuan di Arab Saudi sejak dulu telah dikerdilkan dari peran-peran besar, baik di tingkat pemerintahan maupun rumah tangga. Oleh karena itu, reformasi itu akan meredakan tekanan yang selama ini telah hadir.

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

Lebih dari 5.000 kandidat pria akan turut serta dalam pemilu mendatang, yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, 20 September 2011.

YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Kisah Daud Kim, seorang YouTuber Korea Selatan belakangan ini telah menjadi perbincangan hangat. Ia dituding melakukan donasi untuk membangun masjid hanya demi konten.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024