Forum Ekonomi Dunia

PM China Bawa Optimisme ke Davos

VIVAnews - Perdana Menteri (PM) China, Wen Jiabo, membawa optimisme pada hari pertama Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Rabu 28 Januari 2009. Wen memprediksi bahwa China akan mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar delapan persen meski krisis finansial tengah melanda dunia.

Wen mengkritik dan menyalahkan Amerika Serikat karena terus mengejar keuntungan sehingga menyebabkan krisis keuangan terburuk sejak Era Depresi Besar tahun 1930-an. Namun Wen juga menyatakan bahwa AS tetap merupakan mitra yang penting bagi China dalam berupaya menjaga stabilitas ekonominya.

Baik Wen maupun Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa krisis di AS telah membawa dampak bagi perekonomian negara masing-masing. Namun Putin menahan diri untuk tidak memberi prediksi ekonomi Rusia secara spesifik.

Wen mengaku bahwa pertumbuhan delapan persen ekonomi- tingkat yang diperlukan bagi China untuk menghindari pengangguran dan gejolak sosial, adalah sesuatu yang sulit dicapai. Namun dengan pertumbuhan di China yang mantap dan berkembang cepat, maka delapan persen pertumbuhan ekonomi akan diraih.

Namun demikian, tingkat pertumbuhan tersebut akan membuat China harus berhemat, di mana pertumbuhan ekonomi China 2008 sebesar sembilan persen- tingkat rendah dalam tujuh tahun terakhir. Sebelumnya, angka pertumbuhan ekonomi China selalu terdiri atas dua digit. Namun, Wen tetap optimis.

"Akankah ekonomi China akan terus tumbuh cepat dan mantap? Beberapa orang meragukannya," kata Wen. "Tapi, saya bisa memberi Anda jawaban pasti: Ya, itu akan terjadi. Kami sangat percaya diri."

Sementara itu,  Putin menyebut krisis saat ini adalah sebuah pukulan telak yang mendatangkan kehancuran di tiap sudut ekonomi global. Tampaknya dia menahan diri untuk secara langsung menyalahkan AS.

Namun dengan jelas dia berkata bahwa dalam pertemuan yang sama satu tahun lalu di Davos, delegasi AS menekankan bahwa perekonomian AS secara fundamental, stabil. "Hari ini, bank-bank investasi kebanggaan Wall Street secara nyata hancur," kata Putin, saat membuka Forum Ekonomi Dunia, yang akan berakhir Sabtu 31 Januari 2009.

Forum Ekonomi Dunia adalah pertemuan tahunan politikus negara-negara, pebisnis, cendekiawan, dan wartawan. Forum yang dibentuk di Jenewa ini secara rutin melangsungkan pertemuan di Davos untuk membahas berbagai isu penting yang dihadapi dunia, seperti ekonomi, lingkungan, atau kesehatan.

Tahun ini, tokoh-tokoh terkemuka dunia membahas prediksi ekonomi masing-masing negara, perusahaan-perusahaan yang bangkrut, dan pengangguran. Pembuat kebijakan ekonomi Presiden Barack Obama, tidak hadir dalam pertemuan tahun ini. (AP)

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024