Ramos Horta Belum Bersedia Maju Pada Pilpres

Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta
Sumber :
  • Reuters/Australian Pool via Reuters TV

VIVANEWS - Para calon kandidat pada pemilihan presiden Timor Leste tahun depan sudah mulai menyatakan kesediaan mereka sedari sekarang. Namun tidak untuk Presiden Timor Leste saat ini, Jose Ramos Horta, yang belum juga mengumumkan kesediaannya untuk dicalonkan kembali.

“Saya masih punya waktu hingga Januari 2012, untuk menyatakan kesediaan dipilih kembali sebagai kandidat independen dalam Pemilu Presiden 2012,” kata Horta kepada wartawan di Palacio Presidente da Republica, Ai Tarak Laran, Dili, Rabu 19 Oktober 2011.

Dalam pertemuan dengan wartawan tersebut, Horta mengkritik sejumlah kandidat presiden yang dalam beberapa pekan terakhir dinilainya telah mencuri start dengan melakukan kampanye.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

“Komisi Pemilu Nasional (Commisaun Nacional da Elisaun/CNE) belum menetapkan jadwal kampanye. Namun, sejumlah kandidat telah melakukan kampanye,” kata Horta.

Sementara itu, Perdana Menteri Timor-Leste, Xanana Gusmao mengingatkan para pimpinan partai di negara itu, untuk tidak hanya mengurusi partainya. “Para pemimpin politik terlihat lebih sibuk mengurusi dan mencintai partai mereka masing-masing, sebagai jalan menuju kekuasaan. Tetapi, untuk memperhatikan dan mencintai negeri ini? Sungguh sebuah pertanyaan,” tegas Xanana.

Sampai saat ini telah ada beberapa nama yang menyatakan siap dalam bursa calon presiden Timor Leste tahun depan. Di antaranya adalah  Francisco Guterres ‘Lu-Olo’ dari Partai Fretilin, Fernando ‘La Sama’ de Araujo dari Partai Demokrat, Francisco Xavier do Amaral dari Partai Asosiasi Sosial Demokrat Timorense (ASDT), dan mantan panglima tinggi Timor Leste Taur Matan Ruak yang didukung Partai CNRT (Conselho Nacional da Reconstrucao Timorense) pimpinan Perdana Menteri Xanana Gusmao. (Laporan: Alexandre Assis | Timor Leste)

Chicco Jerikho

Cerita Chicco Jerikho yang Berjuang Hidup dan Mati Sampai Titip Pesan Untuk Anak dan Istrinya

Diungkap Chicco Jerikho, pihak dokter juga mengungkap bahwa orang yang didiagnosis dengan sepsis memiliki survival rate rendah

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024