Arab Saudi Tunjuk Calon Raja Baru

Nayef bin Abdul Aziz
Sumber :
  • cnn.com

VIVAnews - Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz menunjuk Menteri Dalam Negeri, Nayef bin Abdul Aziz, 78 tahun,  sebagai putra mahkota baru. Nayef ditunjuk menggantikan Sultan bin Abdul-Aziz yang meninggal pekan lalu.

"Kami memilih Yang Mulia Pangeran Nayef bin Abdul Aziz sebagai putra mahkota," tulis pernyataan kerajaan Saudi sebagaimana dikutip laman Reuters.

Penunjukan itu diumumkan setelah raja Saudi memberitahukannya ke Badan Kesetiaan Kerajaan, yaitu sebuah badan keluarga yang mengatur proses pergantian raja. Baru kali inilah badan ini menjalankan tugasnya untuk mengatur sistem pergantian pimpinan sejak dibentuk pada 2006 silam.

Putra mahkota yang sebelumnya, Sultan bin Abdul Aziz meninggal dalam usia 86 tahun di rumah sakit New York karena menderita penyakit kanker usus. Dia juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Penerbangan Saudi selama lima dekade. Belum ada penunjukan siapa yang menggantikannya di posisi ini.

Sementara itu, Nayef dikenal sebagai sosok yang konservatif karena memiliki kedekatan dengan lembaga religius di Saudi. Namun demikian, para pengamat berkeyakinan dia akan menunjukkan karakter yang berbeda di posisi barunya ini.

Selama ini, Nayef lah yang menjalankan pemerintahan sehari-hari jika Raja Abdullah dan Pangeran Sultan berhalangan. Saat ini pun Raja Abdullah juga mengalami gangguan kesehatan dan harus menjalani perawatan.

Sebagai seorang Menteri Dalam Negeri, Nayef dinilai sukses menghentikan gelombang serangan Al Qaeda di Saudi sejak 2003.(np)

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?
Syahrini

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Awalnya admin akun gosip tersebut menyoroti perbedaan foto yang tiap kali diunggah Syahrini dengan foto paparazi yang didapatkan netizen itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024