Langgar Batas, Jepang Bui Kapten Kapal China

Salah satu kapal nelayan China/Ilustrasi.
Sumber :
  • Reuters/Kyodo

VIVAnews - Polisi laut Jepang menahan kapten kapal nelayan China yang melintasi perairan Jepang. Penangkapan dilakukan setelah kapal tersebut menolak berhenti dan melarikan diri.

Dilansir dari laman BBC, Senin 7 November 2011, terjadi adegan kejar-kejaran antara kapal nelayan China dan kapal polisi laut Jepang. Kapal China tersebut baru berhenti setelah empat setengah jam pengejaran. Itupun setelah kapal polisi laut Jepang ditabrakkan ke kapal nelayan China yang membandel.

Peristiwa ini terjadi sekitar 60 kilometer dari kepulauan Goto, Jepang, kemarin. Kepulauan Goto terletak di lepas pantai barat prefektur Nagasaki di pulau Kyushu, yang terletak di sebelah selatan Jepang.

Jika terbukti bersalah, kapten kapal yang bernama Zhang Tianxiong itu terancam hukuman penjara hingga enam bulan. Kementerian Luar Negeri China menolak mengomentari masalah ini.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Sementara itu, sekretaris kabinet Jepang Osamu Fujimura mengatakan, masalah yang dihadapi Zhang adalah yang masalah umum yang harus ditangani sesuai hukum yang berlaku.

Sebelumnya pada September tahun lalu, peristiwa yang melibatkan kedua negara juga pernah terjadi. Perstiwa tahun lalu sempat membuat kondisi diplomatis Jepang dan China memburuk. Pasalnya, penangkapan kapten kapal China tahun lalu dilakukan di perairan sengketa kedua negara.

Akibat peristiwa tersebut juga, China menunda pertemuan tingkat menterinya dengan Jepang dan menghentikan ekspor material yang penting untuk industri teknologi Jepang. Penangkapan nahkoda tersebut juga memicu demonstrasi kaum nasionalis di kedua negara. Demonstrasi ini akhirnya berhenti setelah Jepang membebaskan kapten kapal dan mengembalikannya ke China. (umi)

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024