10-11-1938: Wafatnya Pendiri Turki Modern

Mustafa Kemal Ataturk
Sumber :
  • atasc.org

VIVAnews - Pada 73 tahun lalu, Mustafa Kemal Ataturk, pendiri negara Turki modern, meninggal dunia. Mustafa adalah tokoh yang berperang penting dalam menentukan arah negara Turki pasca dihapuskannya khilafah dan monarki. Ia pula yang meletakkan dasar sekularisme Turki yang membawa negara itu lebih mendekat ke Eropa.

Menurut stasiun berita BBC, Mustafa dilahirkan di Salonika, Yunani (saat itu wilayah Turki), pada tahun 1881. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di kota asalnya, Mustafa melanjutkan pendidikan di sekolah dan akademi militer. Karir Mustafa di militer termasuk cemerlang. Ia adalah satu-satunya jenderal Turki selama 600 tahun yang berhasil dua medali kehormatan tertinggi: Ghazi dan Yilderim.

Setelah Kerajaan Turki kalah perang pada Perang Dunia I, yang membuatnya kehilangan hampir seluruh wilayahnya di Balkan, Timur Tengah, dan Afrika, Mustafa memimpin gerakan perlawanan baru di Anatolia. Berkat usahanya, seluruh wilayah Turki di Anatolia berhasil dibebaskan dari pendudukan sekutu.

Haru! Ayah Babe Cabita Ungkap Detik-detik Terakhir Sang Komedian Sebelum Meninggal

Pada Juli 1923, Mustafa menandatangani Perjanjian Lausanne yang mengukuhkan pendirian Republik Turki. Di bawah pemerintahannya, Turki mengalami sejumlah reformasi radikal, seperti dihapuskannya sistem khilafah dan monarki, diterapkannya sistem sekuler di bidang pemerintahan dan pendidikan menggantikan Islam, serta digantinya sistem alfabet Arab menjadi Latin.

Pemain Bayern Munich, Harry Kane

Statistik Mengerikan Harry Kane Lawan Arsenal

Bayern Munich akan menghadapi tuan rumah Arsenal di leg 1 perempat final Liga Champions, Rabu dini hari WIB, 10 April 2024. The Gunners wajib mewaspadai sosok Harry Kane

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024