Krisis Utang, Yunani Ganti Perdana Menteri

PM baru Yunani Lucas Papademos
Sumber :
  • REUTERS/Yiorgos Karahalis

VIVAnews - Pemerintah Yunani telah memilih pengganti Perdana Menteri George Papandreou untuk memimpin negeri mereka keluar dari krisis utang, yang telah mengguncang pasar keuangan global. Dia adalah Lucas Papademos, mantan Wakil Presiden Bank Sentral Eropa.

Menurut kantor berita Reuters, perdana menteri baru itu diumumkan kantor kepresidenan Yunani hari ini. Pengumuman itu mengakhiri spekulasi di panggung politik Yunani mengenai siapa yang akan menggantikan Papandreou untuk menyelamatkan negara itu dari status gagal bayar utang, kebangkrutan, dan potensi terdepak dari zona euro.

Pemerintahan koalisi pimpinan Papademos akan dilantik pada Jumat waktu Yunani. Penunjukan Papademos ini merupakan hasil kompromi antara Papandreou dan pemimpin kubu oposisi di parlemen dengan dimediasi oleh Presiden Karolos Papoulias.

Papademos berjanji akan berbuat sebaik mungkin untuk membawa Yunani keluar dari krisis dengan seminim mungkin berdampak bagi kepentingan rakyat dan nasib ekonomi Eropa. "Pilihan yang akan kami buat akan menentukan bagi rakyat Yunani. Jalannya tidak akan mudah namun saya yakin masalah akan dipecahkan lebih cepat dan dengan ongkos yang lebih kecil bila ada persatuan, pengertian, dan kehati-hatian," lanjut Papademos.

Dikenal sebagai figur yang dihormati di kalangan pasar keuangan dan politik Eropa, Papademos menilai tugas yang mendesak saat ini adalah merumuskan penerapan bantuan utang darurat (bailout) yang sudah disiapkan Uni Eropa dengan nilai total 130 miliar euro (US$177 miliar) sekaligus mempersiapkan pemilu tahun depan.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Uni Eropa baru-baru ini membekukan bailout tahap terkini senilai 8 miliar euro saat Yunani diguncang konflik politik. Masalahnya, Bila tidak segera mendapat talangan itu, Yunani bulan depan bisa berstatus gagal bayar utang kepada para kreditur.

Jerman dan Prancis sudah bertekad tidak akan main-main dengan stabilitas zona euro hanya demi membantu Yunani. Selain Yunani, Italia sudah dihantui krisis utang.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang



Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024