SBY: Dunia Bertumpu pada Asean

SBY di KTT ASEAN
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Posisi ASEAN di peta perpolitikan dunia tengah matang dalam menciptakan keamanan dan stabilitas global. Itulah yang menjadikan ASEAN sebagai tumpuan harapan dalam mengatasi permasalahan yang tengah terjadi di beberapa belahan dunia.

"Di tengah pancaroba ini, banyak harapan ditumpukan pada kawasan kita. Sejarah telah menguji dan membuktikan bahwa ASEAN kian menjadi asosiasi yang matang, yang mampu menciptakan stabilitas dan keamanan kawasan," ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato pembukaan KTT ASEAN di Bali, Kamis 17 November 2011.

Di tengah krisis yang melanda beberapa negara Eropa, ASEAN tetap dapat berdiri tegak. SBY mengatakan, hal ini dikarenakan ASEAN mampu meningkatkan kekuatan ekonominya, serta mampu menjadi komunitas yang semakin berbasis kepada rakyat.

Selain itu, ASEAN mampu menjalin kerukunan antar identitas dan peradaban yang beragam antar negara anggotanya. Inilah, kata SBY, yang menjadi modal ASEAN dalam berkontribusi menjawab tantangan dinamika global.

"Hal ini sejalan dengan tema Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini: “Komunitas ASEAN di antara Komunitas Global Bangsa-bangsa”.  Maknanya, ASEAN ingin berperan lebih besar dalam urusan dunia, to outreach to the world," jelas SBY.

Dengan pidato SBY ini, KTT ASEAN ke-19 di Bali resmi dibuka. Dalam rangkaian selama tiga hari, negara-negara ASEAN akan saling bertemu membicarakan masalah regional dan global. Selain itu, ASEAN juga akan bertemu dengan negara-negara mitra wicara, di antaranya China, Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

SBY mengatakan, KTT ASEAN kali ini akan melahirkan Bali Concord III, yang merupakan peta ke depan interaksi antara ASEAN dengan komunitas global. "Hal ini sesungguhnya sejalan dengan tradisi kerja sama ASEAN selama ini, yang selalu membuka diri terhadap dunia luar," jelas SBY.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024