Berkomentar Rasis, Walikota Irlandia Mundur

Darren Scully (kiri) bersama rekan sesama politisi
Sumber :
  • http://votescully.com

VIVAnews - Mulutmu harimaumu. Ungkapan itu tampaknya cocok menggambarkan seorang walikota di Irlandia yang terpaksa mengundurkan diri akibat melontarkan komentar bernada rasis dalam sebuah wawancara.

Darren Scully, Walikota Naas di County Kildare, berkomentar rasis dengan mengatakan tidak akan mewakili kaum kulit hitam. Hal ini, ujarnya, karena orang kulit hitam sering berperilaku agresif terhadapnya.

"Saya sering bertemu dengan orang-orang agresif, yang perilakunya jelek. Saya juga telah memainkan isu-isu ras, di situ dikatakan 'kau akan membantu orang kulit putih, namun tidak dengan kulit hitam,'" kata Scully, dikutip dari CNN, Selasa, 22 November 2011.

"Setelahnya, saya memutuskan tak akan lagi mewakili kaum kulit hitam Afrika. Namun demikian, saya tetap akan bersikap sopan pada mereka, dan akan mengalihkan masalah mereka pada wakil rakyat lain yang peduli," lanjutnya.

Komentarnya ini kontan memicu protes keras dari partai-partai politik. Scully didesak untuk mundur, dan ia pun melakukannya pada Selasa malam waktu setempat sambil menyampaikan permintaan maaf atas pernyataan rasisnya.

"Selama ini saya merasa bangga telah memimpin Naas sebagai walikota dan mewakili seluruh penduduk. Namun, sebagai rasa tanggung jawab saya atas segala kekacauan ini, saya merasa pantas mundur dari jabatan ini," ucapnya.

Dewan Kota Naas sebenarnya berencana mengadakan rapat khusus untuk membahas pernyataan Scully, namun ia sudah terlanjur mengundurkan diri. Sebelumnya, Scully sempat menepis tudingan dari lawan politiknya yang menyebutkan bahwa ia rasis. (umi)

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024