358 Napi Terpanggang, Kepala Penjara Dicopot

Kebakaran di Penjara Honduras
Sumber :
  • REUTERS/ Stringer

VIVAnews - Presiden Honduras, Porfirio Lobo, menginstruksikan investigasi menyeluruh terhadap insiden kebakaran penjara Comayagua yang menewaskan lebih dari 350 narapidana. Sementara, investigasi mulai berjalan, Lobo memberhentikan kepala penjara dan anak buahnya.

"Kami berjanji akan menemukan pihak yang bertanggung jawab atas musibah ini. Investigasi akan berlangsung secara independen dengan dipantau peninjau internasional," kata Lobo seperti diberitakan BBC, Kamis 16 Februari 2012.

Menurut Richard Ordonez, hakim Mahkamah Agung yang memimpin investigasi, jumlah korban yang tewas terpanggang adalah 358 orang, sementara lainnya selamat. Dengan 856 penghuni, penjara Comayagua yang terbakar memang kelewat penuh melebihi kapasitas seharusnya.

Hingga saat ini, belum ditemukan penyebab pasti kebakaran karena situasi masih kacau balau. Ada yang menyebutkan api disulut seorang tahanan, ada pula yang menyebutkan api berasal dari luar bangunan.

Namun, beberapa korban selamat mengatakan kalau api berasal dari kasur yang dibakar seorang narapidana pada Selasa malam, 14 Februari lalu pukul 23.00. Api kemudian menyebar cepat hanya dalam hitungan menit dan memanggang 100 tahanan sementara pemadam kebakaran berusaha menemukan sipir penjara yang memiliki kunci tahanan.

Sebagian tahanan berhasil menyelamatkan diri karena dibebaskan sipir, sementara rekan-rekan mereka yang kurang beruntung harus menjemput ajal akibat terlalu banyak menghirup asap atau terbakar si jago merah. Ahli forensik memperkirakan, seluruh korban tewas baru bisa diidentifikasi dua atau tiga hari lagi.

Honduras adalah negara yang memiliki peringkat pembunuhan tertinggi di dunia, dengan 80 dari 100 ribu orang tewas dibunuh pada 2009. Masalah lain yang juga dihadapi negara Hispanik ini adalah perkelahian antar geng bersenjata, peredaran narkoba, serta penjara yang sesak karena melebihi daya tampung.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024