Kaisar Jepang Jalani Operasi Jantung

Kaisar Jepang Akihito.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Files

VIVAnews - Kaisar Jepang, Akihito dikabarkan menjalani operasi jantung di Rumah Sakit Universitas Tokyo. Raja Jepang ini diperkirakan akan menjalani operasi jantung selama lima jam.

Mengutip laman BBC, operasi Akihito dimulai sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Dokter memutuskan melakukan operasi, "untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sehari-hari kaisar," kata juru bicara Kekaisaran.

Kesehatan Akihito memang menurun dalam beberapa bulan terakhir. Walau perannya sebagai Kaisar hanya menghadiri sejumlah upacara peringatan, tapi Akihito tetap dipandang sebagai sosok yang sangat dihormati di Negeri Matahari Terbit itu.

Selama Akihito menjalani operasi dan pemulihan kesehatan, Pangeran Naruhito yang merupakan Putra Mahkota akan mengambil alih tugas-tugasnya, seperti menghadiri acara kenegaraan dan menerima tamu-tamu negara.

Tahun lalu, Pangeran Akishino, memulai debat soal masa pensiun kepala negara. Saat itu, Akihito dirawat selama tiga pekan di Rumah Sakit, sepanjang November 2011.

Kaisar Akihito juga pernah melakukan operasi kanker prostat pada tahun 2003, dan menderita stress karena masalah kesehatan di akhir tahun 2008.

Pada tahun 2009, Urusan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan Akihito akan mengurangi peran dan tugasnya. Akihito tidak akan melakukan pidato dan mengurangi menerima kunjungan kenegaraan.

Berdasarkan Hukum Rumah Tangga Istana tahun 1947, kekaisaran hanya akan diganti saat Kaisar meninggal, dan akan diganti dengan kerabat atau keturunan laki-laki. Putra mahkota Naruhito menjadi urutan teratas pengganti Akihito, kemudiaan diikuti adiknya, Akishino.

Perempuan tidak bisa menduduki tahta Kekaisaran Jepang. Dengan demikian Putri Aiko tidak bisa menggantikan tahta ayahnya. (ren)

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Ketua Joman Noel yang menyebut dirinya sebagai penghambat pertemuan antara Megawati dengan Jokowi dan Prabowo

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024