Iran Gelar Pekan Budaya di Jakarta

Rekonstruksi pertempuran Karbala di Iran
Sumber :
  • REUTERS/ Raheb Homavandi

VIVAnews - Walau hubungan antara Indonesia dan Iran ternyata telah terjalin bahkan sebelum datangnya Islam, namun, rupanya budaya Iran masih belum terlalu dikenal di Indonesia.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Itulah yang mendorong Kedutaan Besar Iran di Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Kemendikbud RI menggelar acara Pekan Budaya Iran.

"Tujuan diadakanmya acara ini adalah untuk mengenalkan budaya, masyarakat, dan peradaban Republik Islam Iran pada masyarakat Indonesia yang beradab," kata Duta Besar Iran untuk Indonesia Mahmoud Farazandeh di kediamannya di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2012.

Farazandeh menambahkan, baru-baru ini film Iran sebagai salah satu produk budaya mereka juga menjadi buah bibir masyarakat dunia setelah film The Separation mendapatkan piala Oscar. Ini menjadi momen yang tepat bagi Iran untuk meperkenalkan film-film mereka lainnya yang juga tidak kalah menginspirasi dalam Festival Film Iran yang termasuk rangkaian acara.

Namun ia menampik jika dikatakan menggunakan diplomasi budaya melalui film sebagai upaya menentang hegemoni Barat. "Revolusi Iran adalah revolusi budaya. Lewat film, kami memiliki pesan untuk disampaikan pada masyarakat yang sama-sama berada di bawah hegemoni," tegas Farazandeh.

Pekan Budaya Iran akan berlangsung di Museum Nasional, Jakarta dari tanggal 7-13 Maret 2012, dari pukul 09.00-17.00. Sementara bagi yang penasaran dengan film Iran dapat menyaksikan Festival Film Republik Islam Iran di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail (PPHUI) dari tanggal 9-12 Maret 2012 pukul 16.00-20.00. (umi)

Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024