IMF Yakin Yuan Bisa Jadi Mata Uang Dunia

Uang kertas China pecahan 100 Yuan
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Dana Moneter Internasional (IMF) menilai bahwa mata uang China, yuan, di masa depan bisa menjadi kurs utama (reserve currency), seperti yang selama ini melekat pada dolar AS. Namun, China perlu memperbaiki sistem nilai tukar yang lebih kuat dan lebih fleksibel.
 
Menurut kantor berita Reuters, komentar Lagarde di Beijing pada Minggu kemarin itu merupakan pernyataan yang paling gamblang dari pejabat tinggi IMF mengenai prospek mata uang yuan. Ini juga diperkuat oleh pertumbuhan ekonomi China yang meningkat pesat dalam tiga dekade terakhir.

Untuk menjadi mata uang utama dalam perdagangan dunia, Lagarde mengutarakan ada beberapa hal yang harus dibenahi pemerintah China. Ini menyangkut kebijakan domestik di negara komunis itu.

"Apa yang dibutuhkan adalah suatu peta jalan yang menjamin adanya sistem kurs yang lebih fleksibel, serta menciptakan manajemen likuiditas dan moneter yang lebih efektif, dengan supervisi dan regulasi yang berkualitas lebih baik dengan didukung pasar keuangan yang lebih maju dan bunga pinjaman serta deposit yang fleksibel dan pada akhirnya membuka arus modal," kata Lagarde dalam pidato di hadapan para pengambil kebijakan China dan tokoh-tokoh bisnis global.

"Bila semua itu terjadi, tidak ada alasan bagi renminbi [yuan] untuk tidak mencapai status sebagai kurs utama, sejalan dengan status ekonomi China," lanjut Lagarde.
    
China selama ini sangat ketat mengendalikan arus modal dan nilai tukar yuan. Padahal, Beijing berambisi meningkatkan penggunaan yuan di tingkat internasional melalui transaksi perdagangan lintas batas. China pun dalam beberapa tahun terakhir menjalankan sejumlah reformasi untuk mendukung ambisi itu.

Lagarde juga menilai bahwa China kian berpengaruh dalam menstabilkan ekonomi dan keuangan dunia. Sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, China di akhir 2008 menggelontorkan US$635 miliar untuk mendanai paket stimulus ekonominya dalam menghadapi krisis keuangan global. China pun mulai menunjukkan kepemimpinan di sejumlah forum strategis, seperti IMF dan G20. (adi)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024