Partitur karya Mozart Semasa Kecil Ditemukan

Partitur karya Mozart saat berusia 10 tahun
Sumber :
  • Bbc.co.uk

VIVAnews - Sebuah partitur yang diketahui ditulis Mozart saat ia berusia 10 tahun, baru saja ditemukan di Austria. Diperkirakan, Mozart membuatnya antara 1767 atau 1768. Kertas yang berisi partitur ini ditemukan di sebuah buku catatan yang berada di loteng.

Tim peneliti menemukan bukti kuat kalau partitur berjudul Molto Allegro ini adalah komposisi Mozart. Itu karena ditranskripsi dalam buku bertuliskan nama Del Signore Giovane Wolfgango Mozart.

Meskipun partitur tersebut tak ditulis oleh tangan Mozart sendiri, tapi ahli sejarah musik di Museum Salzburg sangat yakin kalau itu merupakan karya sang meestro. Hildegard Herrmann-Schneider, seorang ahli sejarah musik mengatakan kalau hanya Leopold, ayah dari Mozart, yang menggunakan nama  Del Signore Giovane Wolfgango Mozart ketika menuliskan nama
anaknya.

Buku catatan yang ditemukan di loteng tersebut berisi 160 halaman yang ditulis tangan. Di situ tertulis tahun 1780 dan juga berisi karya musik yang ditulis oleh Leopold Mozart. Untuk melihat kekhasan dari musik Mozart, Florian Birsak, seorang musisi asala Austria, memainkan partitur tersebut selama empat menit di rumah masa kecil Mozart, dengan piano aslinya.

"Ini bukan karya siapa pun, sudah pasti ini karya Mozart yang kemudian menjadi besar," kata Birsak seperti dikutip dari BBC, 24 Maret 2012.

Pada 2009 lalu, peneliti juga menemukan dua potongan partitur yang diyakini ditulis ketika Mozart berumur sekitar tujuh atau delapan tahun. (ren)

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia
Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Chatarina Muliana.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dihimbau untuk tidak terjebak dalam bujukan untuk membeli kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024