Kendaraan Baru Pangeran Arab Rp4,5 Triliun

Pangeran Alwaleed bin Talal, salah seorang konglomerat Saudi yang ditahan karena korupsi dan akhirnya dibebaskan.
Sumber :
  • Reuters/Ahmed Jadallah

VIVAnews - Harta kekayaan yang melimpah bisa membuat seseorang ingin memiliki sesuatu yang sulit dipunyai banyak orang. Baru-baru ini, salah satu orang terkaya di dunia, yakni Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi, membeli kendaraan baru dengan harga US$500 juta atau sekitar Rp4,5 triliun.

Kendaraan ini bukanlah motor super cepat atau mobil super mewah, melainkan sebuah pesawat terbang super besar, Airbus A380.

Dilansir Automotto, Selasa 10 April 2012, pesawat bertingkat dua yang digunakan juga oleh berbagai maskapai penerbangan dunia menjadi salah satu kendaraan pribadi pangeran. Sebelumnya, ia juga memiliki berbagai jenis mobil mewah, seperti Rolls-Royce.

Dengan berbagai fasilitas mewah yang terdapat di dalamnya, pesawat ini sangat cocok untuk pangeran Alwaleed yang menjadi ketua perusahaan Kingdom Holding dalam melakukan bisnis saat berada di angkasa.

Pembelian ini sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat tahun 2007, yang ingin adanya pesawat pribadi baru untuk anggota keluarga Kerajaan.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa

Fasilitas Mewah

Pesawat buatan Eropa ini terkenal dengan kapasitas penumpang yang besar, yakni mencapai 854 tempat duduk sehingga dipakai juga untuk maskapai penerbangan seperti Emirates, Qantas, dan Singapore Airlines.

Fasilitas di dalamnya seperti kabin yang luas, bar, bahkan kasino semakin menambah kemewahan pesawat yang baru diproduksi massal sejak 2005 tersebut. Tidak banyak orang bisa memiliki pesawat pribadi seperti Pangeran Alwaleed, karena harganya yang mahal.

5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions

Pesawat Airbus A380 Superjumbe jet

Pesawat Airbus A380 Superjumbo (Airbus.com)

KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu

Menurut Habib Feikih, Presiden Airbus Corporate Jets, penjualan pesawat terbang malah meningkat meski saat ini sedang dilanda krisis global. Biasanya yang memesan pesawat untuk keperluan pribadi adalah selebriti, raja minyak atau pengusaha-pengusaha asal Russia, China, dan Amerika.

Mereka semua dinilai memerlukan alat transportasi yang cepat dan mampu mencapai jarak jauh dalam kegiatan bisnisnya.

Laporan: Wahyu Prasetyo

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya