Obama Mendukung Pernikahan Sesama Jenis

Obama berpidato di Gedung Putih
Sumber :
  • REUTERS/Larry Downing

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyatakan mendukung pernikahan sesama jenis di negaranya. Pernyataannya ini mengejutkan, karena sebelumnya Obama tidak menyetujui pernikahan sejenis.

Diberitakan CNN, Kamis 10 Mei 2012, pernyataan Obama ini disampaikan dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi ABC News. Diduga komentarnya ini untuk menandingi komentar rivalnya di pemilu presiden mendatang, Mitt Romney, yang menolak pernikahan sesama jenis.

"Saat ini saya secara pribadi menyatakan bahwa pasangan sesama jenis harus dapat menikah," kata Obama.

Pernyataan ini bertentangan dengan komentar dia sebelumnya. Baberapa waktu lalu Obama mengatakan bahwa pernikahan adalah sebuah tradisi kuat yang menyangkut keimanan umat beragama, sehingga harus dilakukan sesuai adat.

Dalam wawancara kemarin malam, Obama mengatakan pendapatnya tersebut berubah saat melihat langsung pernikahan sejenis. Dia merasa kasihan pada anggota militer homoseksual yang tidak bisa menikah dengan pasangannya.

Obama juga mengaku kecewa atas referendum di negara bagian North Carolina yang menolak pernikahan sejenis. Menurutnya, keputusan pemerintahan negara bagian ini diskriminatif terhadap gay dan lesbian.

Beberapa negara bagian di AS saat ini telah menyetujui pernikahan sejenis pada awal tahun ini. Di antaranya di New York, Connecticut, New Hampshire, Massachusetts, Iowa, Vermont dan Washington DC. Ratusan pasangan sejenis berdatangan ke negara-negara bagian ini untuk menikah.

Menurut jajak pendapat Selasa lalu, sebanyak 50 persen warga Amerika menyatakan pernikahan sejenis harusnya disetujui secara hukum, sedangkan 48 persen menolak pernikahan sejenis. (sj)

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

Tim Komisi Pemberantasan Korupsi sudah menyerahkan kontra memori kasasi dalam perkara bekas pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo. Juru Bicara KPK Ali

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024