Pria Ini Mampu Berlama-lama Tahan Nafas

Aksi Tom Sietas di dalam akuarium
Sumber :
  • Courtesy of YouTube

VIVAnews - Banyak orang yang tidak kuat menahan nafas dalam air, bahkan untuk semenit saja. Namun seorang penyelam bebas asal Jerman bernama Tom Sietas berhasil memecahkan rekor dunia menahan nafas dalam air tanpa bantuan oksigen dari luar.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Berlangsung di suatu kota di China akhir pekan lalu, dengan durasi 22 menit 22 detik, Sietas sukses mematahkan rekor sebelumnya yang dicapai seorang pria Brasil, Ricardo Bahia, yang hanya berdurasi 20 menit 21 detik. Pencapaian Sietas diakui oleh lembaga pencatat rerkor terkemuka Guinness Book of Record.

Menurut harian Daily Mail, 4 Juni 2012, Sietas dan Bahia menyelam dalam dua tangki raksasa yang diletakkan bersebelahan untuk mengetahui siapa yang lebih kuat menahan nafas di air.

Saat keduanya pertama kali dimasukkan ke dalam air, suhu disetel sebesar lima derajat Celsius. Seiring dengan berjalannya waktu, suhu air dinaikkan pelan-pelan hingga mencapai hampir 40 derajat Celsius.

Menahan nafas dalam air sebenarnya bukan hal yang asing bagi Sietas. Sebab sejak 2000, dia telah mencetak beberapa rekor apnea statis, atau berada di dalam air selama mungkin tanpa bernafas.

Yang pertama kali menyadari 'bakat' Sietas menahan nafas dalam air adalah instruktur scuba divingnya. Tidak mengherankan, sebab kapasitas paru-paru Sietas 20 persen lebih besar dari manusia normal.

"Dulu saya bisa tidak makan selama lima jam setiap akan melakukan aksi, supaya metabolisme saya melambat," katanya. Setelah itu, dia memenuhi paru-parunya dengan oksigen murni sebisa mungkin supaya mampu bertahan.

Bahkan tanpa melakukan persiapan seperti itupun, Sietas juga beberapa kali mencetak rekor apnea dinamis atau berenang selama mungkin tanpa bernafas. (ren)

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United
Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024