Merak Ganggu Perumahan Mewah di Inggris

Merak ganggu perumahan mewah di Inggris
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVAnews - Bagi banyak orang, burung merak merupakan salah satu burung yang disukai karena keindahan bulu mereka saat terkembang. Namun, bagi penduduk sebuah perumahan di wilayah Lancashire, Inggris, burung merak adalah pembawa bencana.

Belasan merak yang tidak diketahui asalnya tiba-tiba menyerbu perumahan kelas menengah atas, dan berbuat kerusakan. Tidak hanya itu, mereka juga sering bersuara keras tidak tahu waktu, sehingga perumahan yang biasanya tenang itu jadi terganggu.

"Mereka sering bersuara luar biasa keras sepanjang malam. Kadang saya mencoba menghalau mereka dengan pembersih debu, namun mereka tidak terlihat takut," keluh Jean O'Hanlon, seorang warga, seperti diberitakan harian Daily Mail, Sabtu 9 Juni 2012.

Beberapa warga lain menggunakan semprotan air atau pistol air untuk menghalau. Lama kelamaan, mereka kehabisan akal mengatasi gangguan merak. Para pemilik rumah kaca mengunci pintu mereka rapat-rapat, takut nasib tanaman mereka akan berakhir seperti taman buah atau sayuran penduduk lain yang habis dimakan merak.

Tidak hanya itu, merak-merak ini juga suka buang hajat sembarangan. Seringkali mereka hanya diam di tengah jalan, sehingga kendaraan tidak bisa lewat. Para pengendara mobil hanya bisa diam sampai merak-merak memutuskan untuk berpindah tempat.

Sebegitu ganasnya serangan merak ini, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing kehilangan nyali. Mereka biasanya akan bersembunyi ketakutan begitu melihat atau mendengar kehadiran merak, burung yang dalam mitologi Yunani menjadi simbol Dewi Hera.

Namun, ternyata ada sebagian masyarakat yang merasa tidak terlalu terganggu. "Burung-burung ini tidak mengganggu seperti anak-anak berandal yang ada di sekitar sini. Mereka lebih enak dilihat pula," kata seorang penduduk. Beberapa penduduk bahkan kedapatan memberi makan merak.

Banyak teori bermunculan tentang asal belasan merak ini. Beberapa menduga mereka berasal dari peternakan merak di Lancashire. Namun, ada pula yang menduga merak-merak ini adalah keturunan sepasang merak yang ada di sebuah bangunan bergaya Tudor yang telah dihancurkan pada 2009.

Diperkirakan, seiring dengan selesainya musim kawin, akan semakin banyak merak-merak yang berkeliaran. Ditambah lagi, wilayah Lancashire agaknya menjadi area yang nyaman bagi mereka.

Habitat burung merak aslinya terdapat di India dan Myanmar. Namun, burung dengan bulu ekor yang polanya menyerupai mata ini akhirnya juga banyak dikembangbiakkan di negara lain, termasuk Inggris. (art)

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih
Jefri Nichol

Diduga Sindir Chandrika Chika, Jefri Nichol Disenggol Netizen Soal Kasus Narkobanya Sendiri

Tidak sedikit netizen yang justru mengingatkan Jefri Nichol bahwa ia juga pernah tersandung kasus narkoba sehingga ia tidak semestinya menyindir orang lain.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024