Hukuman Menyontek: Dikeluarkan dari Sekolah

Para murid sekolah di Kazakstan mengikuti ujian
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews - Jangan tanggung-tanggung jika mengerjakan sesuatu. Ungkapan ini tampaknya diresapi betul oleh seorang siswa SMA di Kazakstan. Sayang, dia menerapkan ungkapan ini untuk membuat kertas contekan, yang membuatnya dikeluarkan dari sekolah.
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Harian Daily Mail, Rabu 13 Juni 2012 memberitakan, siswa yang dirahasiakan identitasnya ini kepergok sedang melirik jawaban dari kertas contekan sepanjang 10 meter buatannya. Siswa ini melilitkan kertas tersebut ke tubuhnya, dan menyembunyikannya di balik baju.
Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Terdapat lebih kurang 25.000 perkiraan jawaban ulangan dari beberapa mata pelajaran, seperti matematika, sejarah, Bahasa Rusia, serta Bahasa Kazakstan dalam kertas contekan. Menariknya, kertas contekan ini agaknya dipersiapkan dengan matang karena semua jawabannya diketik.
Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Juru bicara otoritas pendidikan Kazakstan, Bolatzhan Uskenbayev, menyayangkan peristiwa ini. "Jika saja niat belajarnya sebesar niatnya menggarap kertas contekan, dia akan mampu mengerjakan ulangan dengan lebih terhormat," kata dia.

Siswa ini pun harus menanggung akibat perbuatan curangnya yang gagal total. Dia tidak akan mendapat ijazah SMA karena pihak sekolah sudah memutuskan untuk mendepaknya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya